CNBC Indonesia Economic Update

Pesan Jokowi ke Luhut: Jangan Sampai Ada yang Gak Bisa Makan!

News - Anisatul Umah, CNBC Indonesia
13 July 2021 10:10
Ket Pers Menko Kemaritiman dan Investasi,Luhut Binsar Panjaitan (Tangkapan Layar Youtube/Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mendapatkan pesan khusus dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengenai kondisi rakyat kecil saat implementasi pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Darurat.

"Pesan Presiden supaya rakyat kecil jangan terlalu menderita ketika kita menjalankan kebijakan ini," ungkap Luhut acara CNBC Indonesia Economic Update, Selasa (13/7/2021).

Patut dipahami, kata Luhut seluruh masyarakat terkena dampak dari PPKM Darurat. Rakyat kecil yang kesempatannya terbatas harus mendapatkan perhatian lebih dari pemerintah. Maka dari itu disalurkan bantuan sosial (bansos).


"Kita turunkan bansos seperti yang diminta Presiden, gak ada orang yang sampai gak ada makanan," jelasnya.

Deretan bansos yang akan segar dicairkan adalah:

1. Program Keluarga Harapan (PKH) yang ditargetkan mencapai 10 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Alokasi 2021 adalah Rp 28,31 triliun, sementara realisasi baru mencapai Rp 13,96 triliun.

2. Kartu sembako untuk 18,8 juta KPM dengan nilai Rp 200 ribu per bulan. Pemerintah telah mengalokasikan Rp 42,37 triliun. Namun hingga Juni baru terealisasi sebesar Rp 17,75 triliun untuk 15,9 juta KPM.

3. Bansos tunai (BST) diperpanjang hingga Agustus dengan target 10 juta KPM. Nilai yang diberikan Rp 300 ribu per KPM per bulan. Penerima akan langsung mendapatkan jatah 2 bulan yaitu Rp 600.000.

4. BLT desa yang ditargetkan mencapai 8 juta KPM dengan besaran nilai manfaat Rp 300 ribu per KPM per bulan. Pendataan calon penerima BLT Desa dilakukan oleh Kepala Desa atau Tim Relawan Desa dengan mempertimbangkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dari Kemensos.

Di samping itu, Luhut memastikan adanya penyaluran beras sebanyak 10 kg untuk rakyat kecil oleh Kementerian Sosial (Kemensos) yang bekerja sama dengan aparat di daerah setempat.

"Sehingga teman-teman, saudara kita yang hidup susah masih bisa survive. Bansos ini jalan bulan ini bulan depan dan lihat perkembangan," pungkasnya.


[Gambas:Video CNBC]

(mij/mij)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading