PPKM Darurat

Luhut: Minggu Depan Tambahan Kasus Covid Mulai Flattening

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
12 July 2021 13:23
Ket Pers Menko Kemaritiman dan Investasi,Luhut Binsar Panjaitan (Tangkapan Layar Youtube/Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin rapat terbatas perihal pelaksanaan PPKM Darurat secara virtual, Senin (12/7/2021).

Dalam keterangan pers setelah ratas, Koordinator PPKM Darurat Jenderal TNI (Purn.) Luhut Binsar Pandjaitan mengaku melaporkan perkembangan pelaksanaan PPKM Darurat dalam kurun waktu 3-10 Juli 2021.

Menurut dia, tim sudah memantau implementasi PPKM Darurat melalui indikator mobilitas dan kegiatan aktivitas masyarakat menggunakan Google Traffic, Facebook Mobility serta Indeks Cahaya Malam NASA.

Dan hasil yang dapat selama periode 3-10 Juli seluruh provinsi Jawa-Bali sudah menunjukkan penurunan mobilitas dan aktivitas masyarakat pada level 10-15%, dari target 20% atau lebih.




"Impementasi di lapangan kami lihat semakin baik dan kami berharap satu minggu ke depan mobilitas kegiatan masyarakat juga semakin turun sesuai harapan kita," ujar Luhut.

Ia pun berharap agar tambahan kasus harian tidak lebih dari 30 ribu. Namun, tiga hari belakangan, kenaikan kasus berada di kisaran 30 ribu. Kendati demikian, ada sisi positif berupa tingkat kesembuhan yang terus meningkat pula.

"Jadi kami berharap minggu depan sudah mulai mungkin kalau semua berjalan kita disiplin akan mulai flattening atau mulai akan merata dan kita harap nanti cenderung akan terkendali," kata Luhut.

"Dan kita berharap juga dengan disiplin kita semua dan program vaksin berjalan, prokes jalan, kombinasi semua ini, pematuhan pada PPKM Darurat, kita akan bisa bertambah baik," lanjutnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Luhut: Kasus Covid-19 Baru Slow Down Setelah Tanggal 12 Juli


(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading