Virus Corona Belum Beres, Negara Ini Diserang Virus Baru

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
09 July 2021 20:24
Orang-orang berpose setelah mengadakan pesta pernikahan seekor anjing dan seekor keledai untuk memprotes Hari Valentine di Chennai, India, 14 Februari 2018. REUTERS / P.Ravikumar

Jakarta, CNBC Indonesia - Negara bagian di India Selatan, Kerala telah mengeluarkan peringatan setelah mendeteksi virus Zika. Hal ini sudah dikonfirmasi pejabat setempat. Laporan ini terjadi di tengah India masih berjuang melawan pandemi virus corona.

"Ada 13 kasus yang dicurigai dan sedang diselidiki," kata Menteri Kesehatan Negara Bagian, Veena George, hari ini, mengutip Al Jazeera, Jumat (9/7).

Seorang wanita hamil berusia 24 tahun ditemukan terinfeksi penyakit yang ditularkan nyamuk dan sedang menjalani perawatan di sebuah rumah sakit kota Thiruvananthapuram. Sample dari 13 kasus itu juga sudah dikirim untuk penyelidikan lebih lanjut ke laboratorium di Puna.


Disebutkan oleh menteri itu, wanita hamil sangat rentan dan dapat menularkan infeksi kepada bayi yang dikandung. Dimana mengakibatkan kondisi sindrom Guillain - Barre atau penyakit autoimun yang langka.

Juga dapat menyebabkan cacat lahir seperti mikrosefali, yang menyebabkan bayi lahir dengan kepala lebih kecil karena kelainan perkembangan otak.

Menurut Pusat Pengendalian dan Penyakit di Amerika Serikat, Penyakit Zika sendiri sebagian besar menyebar dari gigitan nyamuk Aedes, tapi dapat ditularkan secara seksual.

Virus ini ditemukan pertama kali pada monyet di hutan Zika, Uganda pada tahun 1947 dan telah menyebabkan beberapa wabah di seluruh dunia dalam beberapa dekade.

Sampai saat ini belum ada vaksin atau obat anti virus yang tersedia sebagai pencegahan atau pengobatan. Organisasi kesehatan dunia WHO juga sempat menyatakan penyakit itu sebagai darurat kesehatan masyarakat internasional di 2016.

Gejala termasuk demam, ruam kulit, konjunktivitis, nyeri otot, dan sendi tapi kematian jarang terjadi.

Pejabat India mengatakan wanita yang terinfeksi di Kerala menunjukkan gejala demam, sakit kepala, dan ruam sebelum dirawat pada rumah sakit. Tempat dimana dia melahirkan bayinya pada Rabu kemarin. Tapi tim kesehatan ditugaskan untuk terus memantau kasus lebih lanjut.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Akhiri Pandemi, Pendeta Hindu India Minta Bantuan Dewi Corona


(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading