RI Jadi Negara Pemimpin Kasus Corona Terbanyak Dunia

News - Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
08 July 2021 08:20
Petugas medis menunjukkan surat tugas yang membawa pasien Covid-19 menuju Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet, Jakarta, Selasa (8/6/2021). Pemerintah memerbarui data kasus Covid-19 di RI. Hari ini pemerintahmelaporkan tambahan kasus Covid 6.294, kasus sembuh covid 5.85 dan 189 kasus meninggal akibat covid. Penambahan kasus baru ini disampikan oleh satgas Covid-19 pada Selasa(8/6/2021). Pantauan CNBC Indonesia dilokasi mobil ambulans hilir mudik datang dan pergi. Kisaran waktu 15 menit datang satu mobil ambulans dan satu mobil sekolah yang membawa pasien Covid-19. Dilokasi salah satu pengemudi ambulans Wisma Atlet juga tampak kelelahan dan beristirahat di bangku supir bus. Salah satu keluarga juga datang menggunakan sepeda motor untuk di isolasi mandiri di Wisma Atlet. (CNBC Indonesia/ Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kasus Covid-19 pada di Indonesia kemarin kembali meroket dan menciptakan rekor baru. Pada Rabu (7/7/2021) hingga pukul 12.00 WIB kasus baru Covid-19 bertambah 34.379 pasien dalam sehari.

Penambahan ini terus menggenapkan kelamnya data kasus Covid-19 pada pekan ini yang terus mencetak rekor beruntun. Dua hari sebelumnya, Indonesia mencatatkan penambahan sebesar masing-masing 31.189 kasus dan 29.745 kasus.


Alhasil, hingga hari ini total konfirmasi positif di Indonesia menembus 2,379 juta kasus. Dan, penambahan hari Rabu membuat RI menempati posisi sebagai salah satu negara dengan penambahan harian terbesar.

Mengutip Worldometers, posisi RI di hari yang sama, hanya diungguli Brasil dan India dalam jumlah penambahan kasus harian. Brasil pada Rabu melaporkan 54.022 kasus sementara India mencatatkan 45.196.

Meski begitu, kondisi di kedua negara masih terlihat lebih baik dibanding Indonesia bila dilihat dari segi kesembuhan. Di Brasil angka kesembuhan harian yang dilaporkan mencapai 90.024 sementara di India dilaporkan 44.103 kesembuhan harian.

Indonesia yang hanya mencatatkan 14.235 kasus sembuh. Dari catatan situs itu, angka ini tidak sampai 50% dari jumlah kasus tambahan.

Dari segi kematian, Indonesia juga mencetak rekor baru pada Rabu, di mana kematian baru dilaporkan sebesar 1.040 kasus. Secara global, angka ini membuat Indonesia melaporkan jumlah kenaikan kematian harian terbanyak kedua dunia, hanya lebih rendah dari Brasil yang mencatat 1.595 kasus.

Meski kondisi sudah cukup para, data tersebut mungkin saja belum menjadi puncak kelam Covid-19 di Indonesia. Bahkan Kementerian Kesehatan masih memperkirakan kenaikan baru di beberapa hari ke depan.

"Kemungkinan kita akan melihat kasus terkonfirmasi positif akan meningkat beberapa hari ke depan," ujar Juru Bicara Vaksin Covid-19 Kementerian Kesehatan dr. Siti Nadia Tarmidzi kemarin.

Menurutnya, hal ini juga didorong oleh peningkatan testing Covid-19. Pemerintah telah menargetkan 324 testing Covid-19 per hari khusus untuk di Jawa dan Bali.

Sebelumnya kenaikan tajam ini memaksa Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk melaksanakan pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro Darurat pada 3 Juli 2021 hingga 20 Juli 2021 untuk wilayah Jawa, Bali, dan 43 kabupaten kota lainnya di luar Jawa Bali. Langkah ini diambil berdasarkan beberapa saran yang masuk, salah satunya dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang mulai cemas akan kondisi Covid di negara ini.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading