Pasar Seken

Bukan Cuma Rumah, Orang Kaya DKI Juga Obral Apartemen Mewah!

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
07 July 2021 15:22
Suasana gedung bertingkat di Kawasan Jakarta, Selasa (19/8/2018). Pemerintah menetapkan pertumbuhan ekonomi di 2019 sebesar 5,3% yang didasarkan dengan outlookpertumbuhan di 2017 yang sebesar 5,2%. (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Selain fenomena rumah mewah di kawasan elite DKI Jakarta diobral pemiliknya, juga apartemen mewah di kawasan elite juga bernasib sama. Pemicunya karena penyewa minim terutama dari ekspatriat yang bekerja di kawasan Central Business Area (CBD), diperparah adanya pandemi Covid-19.

Senior Associate Director Research Colliers Indonesia Ferry Salanto, mengatakan apartemen mewah banyak yang mau dijual saat ini. Selama ini pemilik apartemen segmen ini kebanyakan adalah investor yang berusaha menyewakan unit kepada pekerja yang berada di kawasan CBD tapi pasar sedang lesu, akhirnya memilih menjualnya.

"Saya sendiri tidak memiliki data kuantitatifnya, tapi kita sering dengar apartemen mau dilepas (dijual) karena memang kalau bicara segmen kelas atas itu kebanyakan pemiliknya adalah investor. Jadi disewakan, berharap income dari situ. Sementara mengharapkan income sedang susah karena pasar sewa sekarang tertekan," katanya dalam konferensi pers, Rabu (7/7/2021).


Sementara pembeli apartemen mewah di DKI Jakarta juga masih cenderung sedikit. Beda dengan penjualan apartemen segmen menengah ke bawah yang didominasi oleh pengguna akhir, sehingga peminatnya lebih banyak.

"Jadi orang yang punya unit sekarang ini jadi cost buat mereka, jadi ada kecenderungan orang mau jual," katanya.

Informasi ini diperkuat oleh Head of Advisory Colliers Indonesia, Monica Koesnovagril yang mengatakan dari pembicaraan dengan para pemilik, sudah banyak yang mau menjual properti mewah berupa apartemen di DKI Jakarta.

"Begitu pula dengan apartemen kita sudah banyak owner apartemen high class di CBD area 2019 yang tadinya ragu-ragu jual sekarang sudah fokus dijual. Melihat dari permintaan dari owner untuk membantu jual kepada kita," jelasnya.

Namun yang jadi permasalahan saat ini, pembeli apartemen mewah ini cenderung sedikit. Padahal sudah banyak para penjual yang menurunkan harga jual di tengah kondisi pandemi.

"Walaupun diskon cukup tinggi, tapi memang buyer tidak banyak. Sekarang juga masih banyak yang titip ke Colliers untuk dijualkan unit apartemen-nya. Khususnya apartemen mewah," jelasnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Pasar Apartemen Masih Lesu, Ini Penjelasan Bos Sinarmas Land


(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading