Internasional

RI Tak Sendiri, 5 Negara Ini Kasus Coronanya Menggila

News - Tommy Sorongan, CNBC Indonesia
06 July 2021 08:55
A man walks backdropped by the Bank of England in the City of London financial district in London, Jan. 5, 2021, on the first morning of England entering a third national lockdown since the coronavirus outbreak began. British Prime Minister Boris Johnson on Monday night announced a tough new stay-at-home order that will last at least six weeks, as authorities struggle to stem a surge in COVID-19 infections that threatens to overwhelm hospitals around the U.K. (AP Photo/Matt Dunham)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kasus Covid-19 di Indonesia memang semakin mengkhawatirkan. Setelah mencetak rekor tertinggi pada Sabtu (03/07/2021) dengan tambahan kasus harian 27.913, kemarin, Senin (05/07/2021), Kementerian Kesehatan mencatat penambahan kasus Covid-19 sebanyak 29.745 orang.

Ini merupakan rekor tertinggi penambahan kasus Covid-19 harian sejak awal pandemi pada Maret 2020 lalu. Dengan demikian, total kasus Covid-19 di Indonesia mencapai 2.313.829 kasus.


Lonjakan kasus Covid-19 dalam beberapa pekan terakhir ini tak ayal mendorong pemerintah mengambil langkah lebih ketat yaitu dengan menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat mulai Sabtu, 3 Juli 2021 hingga 20 Juli 2021 di Jawa dan Bali.

Ternyata, lonjakan kasus Covid-19 tak hanya terjadi di Indonesia, tapi ada juga sejumlah negara lainnya yang mengalami hal serupa, di mana saja? Berikut daftarnya.

1. Rusia
Rusia merupakan salah satu negara yang saat ini mengalami infeksi corona yang cukup parah. Pada Minggu (4/7/2021) Negeri Beruang Merah melaporkan 25 ribu tambahan kasus harian positif Covid-19 yang juga diiringi angka kematian sebanyak 663 jiwa.

Dengan tambahan ini, secara kumulatif kasus Covid-19 di negara itu mencapai 5,5 juta dan 136 ribu kematian.

Dalam penambahan ini, ibu kota Rusia, Moskow, diketahui menjadi salah satu episentrum penyebaran virus corona. Walikota Moskow Sergei Sobyanin mengatakan bahwa varian Delta sekarang menyumbang 90% dari kasus baru di kota tersebut.

Untuk mencegah infeksi lanjutan, Sobyanin memerintahkan agar memperketat mobilitas. Ia meminta warga non pekerja garis depan untuk tetap tinggal di rumah serta membatasi operasional restoran.

Sementara itu kota terbesar kedua Rusia, St Petersburg, pada hari ini mencatat 101 kematian. St Petersburg sendiri sedang menjadi atensi dunia internasional setelah penonton pertandingan sepakbola Euro 2020 yang diadakan di kota itu dilaporkan tertular Covid-19.

Kota di Laut Baltic itu sendiri diketahui mendapatkan tujuh jatah penyelenggaraan laga.

2. Inggris

Inggris juga merupakan negara yang melaporkan lonjakan kasus baru yang cukup tinggi dalam beberapa hari terakhir. Pada Minggu, Negeri Ratu Elizabeth melaporkan lonjakan kasus harian sebanyak 24.248 infeksi.

Meski memiliki tingkat vaksinasi yang terdepan, Inggris mengaku kewalahan dengan jumlah infeksi baru ini. Perdana Menteri (PM) Boris Johnson akhirnya mengambil langkah untuk memperpanjang lockdown nasional hingga 19 Juli mendatang.

Mantan Walikota London itu menyebut bahwa saat ini Inggris cukup kewalahan dalam melawan varian Delta yang menyebar secara masif. Varian yang awalnya timbul di India itu juga dianggap lebih berbahaya.

"Sekarang kita tidak tahu sejauh mana tepatnya akan menyebabkan kematian tambahan, tetapi, jelas ini masalah serius, perhatian serius," katanya.

Secara total, Inggris mencatatkan 4,8 juta kasus Covid dengan 128 ribu kematian sejak pandemi menyerang.

Halaman 2>>

Negara dengan Lonjakan Kasus Covid Tinggi (2)
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading