Covid DKI Rekor Tembus 9.700 & Ajakan Anies Serbu Vaksin

News - Wilda Asmarini, CNBC Indonesia
04 July 2021 09:10
Penjelasan Gubernur DKI Anies Baswedan Terkait PSBB di DKI Jakarta. (Tangkapan Layar Youtube PEMPROV DKI JAKARTA)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kasus harian Covid-19 terus menanjak dan menembus rekor hampir setiap hari dalam sepekan ini. Kemarin, Sabtu (03/07/2021), berdasarkan data Kementerian Kesehatahan, kasus harian Covid-19 di Indonesia tercatat menembus hampir 28 ribu kasus, tepatnya 27.913 kasus dengan 493 kematian. Adapun total kasus aktif mencapai 281.677 kasus.

Sementara di DKI Jakarta, tercatat tambahan kasus harian sebanyak 9.702 kemarin. Ini merupakan rekor tertinggi dalam pertambahan kasus dalam satu hari. Dengan demikian, total konfirmasi kasus positif di DKI Jakarta hingga saat ini secara akumulatif mencapai 570.110 orang.

Sementara itu, jumlah kasus sembuh bertambah 5.682, sehingga total menjadi 478.915 orang. Adapun kasus kematian di Provinsi yang dipimpin oleh Gubernur Anies Baswedan ini bertambah 40 orang, sehingga total menjadi 8.516 orang.


Di tengah kasus lonjakan ini, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyerukan warganya untuk serbu vaksinasi. Dia mengimbau warga DKI Jakarta untuk mendatangi sentra vaksinasi yang ada di sekitar rumah dan bila memerlukan informasi, bisa akses aplikasi JAKI. Dia mengatakan, melalui aplikasi JAKI ini, warga bisa memilih waktu dan lokasi vaksinasi.

"Kita gotong royong menghadapi pandemi dan semoga vaksinasi ini berjalan lancar. Sampai dengan hari ini (Sabtu), sudah ada 4,7 juta orang di DKI Jakarta yang sudah divaksinasi. Targetnya 8,8 juta orang," tuturnya dalam akun Instagramnya @aniesbaswedan, kemarin, Sabtu (03/07/2021).

"Alhamdulillah, dengan kolaborasi di berbagai sentra vaksinasi kita sudah lebih cepat dari jadwal," imbuhnya.

Mulai Juli ini, lanjutnya, anak-anak berusia 12-17 tahun juga sudah bisa mendapatkan vaksinasi dan per Sabtu, sebanyak 4.538 anak sudah divaksinasi.

"Insya Allah seluruh warga Jakarta bisa tuntas tervaksinasi di akhir bulan Agustus," ujarnya.

Kemarin, Sabtu (03/07/2021), dirinya bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dan pejabat TNI-Polri lainnya meninjau program #SerbuanVaksinasi di Gelora Bung Karno (GBK).

Program ini merupakan kegiatan vaksinasi massal hasil kolaborasi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, TNI, Polri, bersama organisasi profesi IDI Jaya, IDAI Jaya, IBI Jaya, dan PPNI Jaya.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memprediksi kondisi Covid-19 di ibukota negara bakal lebih parah dibandingkan hari ini. Pasalnya dia memprediksi kasus aktif pasien Covid-19 di DKI Jakarta bakal menembus 100 ribu orang.

"Hari ini kita memiliki 78 ribu kasus aktif. Yang pernah kita miliki pernah dapat di Jakarta tertinggi 27 ribu bulan Februari. Besar kemungkinan ini mencapai 100 ribu dalam hitungan hari ke depan," ujar Anies dalam konferensi pers, Jumat (2/7/2021).


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Terbaru: Tak Ada DKI di Zona Merah Covid Nasional


(wia)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading