Internasional

Prabowo Terbang ke Jerman, Beli Jet Tempur Baru RI?

News - Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
02 July 2021 16:25
Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto melaksanakan pertemuan bilateral dengan Wakil Menteri Pertahanan Jerman merangkap Sekretaris Negara dari Parlemen Jerman, Thomas Silberhorn. (Dok.Kedubes RI untuk Jerman)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto Djojohadikusumo dilaporkan mengadakan kunjungan ke Berlin, Jerman. Dalam kunjungan itu Prabowo menemui pihak pemerintah Jerman yang diwakili oleh Wakil Menteri Pertahanan, Thomas Silberhorn.

Mengutip rilis resmi yang dikeluarkan, ada beberapa hal yang dibicarakan mantan Danjen Kopassus itu dengan pihak pemerintah Jerman. Keduanya berdiskusi dengan agenda untuk mempererat hubungan pertahanan antara Indonesia dan Jerman.


"Pertemuan ini membahas hubungan pertahanan antar kedua negara baik di bidang pelatihan, pendidikan, hingga misi pasukan perdamaian," tulis rilis resmi itu, dikutip Jumat (2/7/2021).

Kemudian disebutkan bahwa Prabowo dan pihak Jerman sepakat untuk mengembangkan kerjasama alutsista dan kerja sama dalam misi perdamaian global di Mali.

"Selain itu, turut dibahas berbagai kerjasama alutsista antara Indonesia dan Jerman, serta peluang Kerjasama dalam misi pasukan perdamaian di Mali."

Duta Besar RI untuk Jerman, Arif Havas Oegroseno, menyebut bahwa kunjungan Prabowo ini disambut dengan baik oleh Jerman dan banyak hal-hal positif yang telah disepakati kedua negara.

"Jerman memberikan sambutan yang luar biasa atas kunjungan kehormatan hari ini. Hubungan Pertahanan Jerman-Indonesia kian erat tak hanya dalam bidang pendidikan dan pelatihan tapi juga aktif mendukung peacekeeping mission," ujarnya.

Di era Prabowo sebagai Menhan, Indonesia dan Jerman telah memulai bentuk kerjasama alutsista. Sebelumnya perusahaan pembuat kapal milik negara PT PAL dilaporkan akan melibatkan konsultan angkatan laut Jerman, MTG Marinetechnik, dan perusahaan teknik Turki FIGES AS, untuk menyesuaikan desain kelas fregat baru yang akan dibangun untuk Angkatan Laut Indonesia.

Lebih lanjut, Prabowo juga sebelumnya menandatangani Persetujuan Kerja Sama Pertahanan/Defence Cooperation Agreement (DCA) Indonesia-Prancis. Penandatanganan dilakukan saat melakukan pertemuan bilateral dengan mitranya, Menteri Pertahanan Prancis Florence Parly di Hôtel de Brienne.

Dalam DCA, nantinya Indonesia dan Prancis akan memperluas cakupan kerja sama pertahanan antara lain, pendidikan dan pelatihan militer; ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang industri pertahanan; kerja sama pasukan pemeliharaan perdamaian; pemberantasan terorisme; serta pengembangan dan penelitian industri pertahanan termasuk produksi bersama.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading