PPKM Darurat, Mal Tutup & Restoran & Kafe Dilarang Dine In

News - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
01 July 2021 13:25
Sejumlah gerai memasang papan pemberitahuan penutupan toko yang berada di salah satu mal di Jakarta, Selasa (29/6/2021). Pemerintah makin memperketat jam operasional pusat perbelanjaan dan restoran. Semula, mal dan restoran diizinkan buka jam 8 malam kini jam operasionalnya harus ditutup hingga jam 5 sore. Pantauan dilokasi ada beberapa store yang menutup tokonya dengan menempelkan papan pemberitahuan. Wahana permainan anak juga ditutup oleh pihak pengelola mal. Pengunjung dimal juga tampak sepi.  (CNBC Indonesia/ Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah resmi memberlakukan PPKM Darurat pada 3-20 Juli mendatang, otomatis akan ada perubahan untuk operasional pusat perbelanjaan hingga restoran di Jawa dan Bali.

Dalam salah satu usulan pengetatan aturan tersebut, supermarket, pasar tradisional dan toko kelontong serta swalayan yang menjual kebutuhan sehari-hari dibatasi jam operasional sampai pukul 20.00 WIB. Kapasitas pengunjung juga dibatasi hanya 50%.

Adapun pusat perbelanjaan/mall/pusat perdagangan ditutup. Selanjutnya pelaksanaan kegiatan makan/minum di tempat umum yang meliputi warung makan, rumah makan, kafe, pedagang kaki lima dan lapak jajanan tidak menerima makan di tempat.


Ini berlaku baik yang berada di lokasi sendiri maupun yang berada di pusat perbelanjaan.

Informasi saja, baru saja Jokowi mengumumkan pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro Darurat dimulai pada 3 Juli 2021 hingga 20 Juli 2021 untuk wilayah jawa dan Bali.

"Setelah dapatkan banyak masukan, menteri, ahli kesehatan dan kepala darah saya memutuskan untuk memberlakukan PPKM darurat sejak 3 Juli hingga 20 Juli 2021 khusus untuk Jawa Bali," kata Jokowi.

Menurut Jokowi keputusan ini harus diambil seiring dengan lonjakan kasus positif covid-19 dalam beberapa waktu terakhir. Termasuk kehadiran varian baru dengan penyebaran yang lebih cepat.

"Situasi ini mengharuskan kita ambil langah-langkah tegas agar kita bersama-bersama dapat membendung covid," jelasnya.

Simak Pidato Presiden Jokowi Putuskan PPKM Mikro Darurat di Bawah Ini

 

[Gambas:Video CNBC]




[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Usulan PPKM Darurat Jawa-Bali: WFH 100% untuk Sektor Ini


(yun/yun)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading