Internasional

Jreng! Turis dari Inggris Bakal Dilarang Masuk Uni Eropa

News - Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
28 June 2021 13:50
PM Inggris Boris Johnson. (AP/Justin Tallis)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah Jerman dilaporkan membuat usulan larangan baru bagi para pendatang asal Inggris. Di mana mereka tidak akan dapat masuk ke negara-negara Uni Eropa (UE).

Hal ini sedang didorong karena kekhawatiran akan varian Delta Covid-19 yang menyebar luas di Negeri Ratu Elizabeth. Dalam laporan surat kabar The Times, rencananya Berlin akan mengusulkan larangan ini bagi seluruh turis, baik yang telah divaksinasi maupun tidak.

"Kanselir Jerman Angela Merkel ingin untuk menunjuk Inggris sebagai negara yang menjadi perhatian karena varian Delta begitu luas," tulis laporan itu, dikutip Senin (28/6/2021).


Hal ini membuat London bereaksi. Sebuah sumber pemerintah Inggris mengatakan bahwa Angela Merkel tampak "semakin terisolasi".

"Banyak negara akan berpikir larangan itu adalah keputusan mereka sendiri dan bukan satu yang harus diputuskan di Berlin," tambah sumber London dikutip Reuters.

Perdana Menteri (PM) Inggris Boris Johnson sendiri dijadwalkan bertemu Merkel pekan depan. Ia, kata sumber akan mencoba membujuk Berlin mengenai larangan ini.

Usulan ini sendiri akan dibahas oleh pejabat senior Eropa dan nasional di komite respon krisis politik terintegrasi UE. Sejauh ini diketahui Yunani, Spanyol, Siprus, Malta dan Portugal menolak.

Hal tersebut karena negara-negara itu merupakan tujuan favorit pelancong asal Inggris. Sementara itu Prancis hanya mendukung usulan karantina wajib bagi para pelancong yang tidak divaksinasi.




[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading