Internasional

Efek Samping Vaksin Covid Ini Sebabkan Peradangan Jantung

News - Yuni Astuti, CNBC Indonesia
26 June 2021 13:35
A health worker inoculates a woman with China's Sinovac COVID-19 vaccine at a temporary vaccination center in Manila, Philippines, Tuesday, June 22, 2021. The Philippine president has threatened to order the arrest of Filipinos who refuse COVID-19 vaccination and told them to leave the country for hard-hit countries like India and the United States if they would not cooperate with massive efforts to end the pandemic. (AP Photo/Aaron Favila)

Jakarta, CNBC Indonesia - Regulator obat Amerika Serikat (AS), FDA, menambahkan peringatan efek samping vaksin Pfizer Inc/BioNTech dan Moderna. Yaitu adanya risiko langka peradangan jantung.

FDA telah merivisi setiap lembar fakta untuk penyedia layanan kesehatan guna memasukkan peringatan ini. Pembaruan terbaru juga mengikuti tinjauan ekstensif informasi dan diskusi oleh Komite Penasihat Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS, CDC, Rabu lalu.


"Bahwa ada laporan efek samping yang menunjukkan peningkatan risiko miokarditis dan perikarditis, terutama setelah dosis kedua diberikan dan dengan timbulnya gejala dalam beberapa hari setelah vaksinasi," kutip Reuters, Sabtu (26/6/2021).

Meski begitu, efek ini disebut jarang terjadi. Manfaat vaksin lebih besar.

Sebelumnya, 11 Juni lalu, lebih dari 1.200 kasus miokarditis atau perikarditis telah dilaporkan ke Sistem Pelaporan Kejadian Tidak Bermanfaat Vaksin (VAERS) AS. Ini akumulasi dari sekitar 300 juta dosis vaksin mRNA yang diberikan.

Kasus tampaknya lebih tinggi pada laki-laki, dalam seminggu setelah dosis vaksin kedua. CDC mengungkapkan 309 rawat inap akibat peradangan jantung pada orang di bawah usia 30 tahun, sementara 295 orang di antaranya telah dipulangkan.

Regulator kesehatan di beberapa negara telah menyelidiki kasus miokarditis dan perikarditis, dimana lebih sering ditemukan pada pria muda, setelah suntikan Pfizer atau Moderna yang merupakan vaksin yang didasarkan pada teknologi mRNA.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading