Ada Ramalan Covid RI Tembus 50 Ribu/Hari, Ini Strategi Jokowi

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
26 June 2021 13:12
Presiden RI Jokowi Tinjau Vaksinasi Covid-19 Kepada Masyarakat. (Youtube/Bro Pers Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta adanya percepatan proses vaksinasi Covid-19 di berbagai daerah. Dalam waktu dekat, ia meminta jajarannya untuk meningkatkan target vaksinasi. Tujuannya agar herd immunity bisa lebih cepat tercapai.

"Saya berharap dimulai hari ini target 1 juta vaksin untuk seluruh Indonesia betul-betul terus kita jaga sampe nanti Juli. Agustus kita beri target 2 kali dari yang ada sekarang ini," kata Jokowi ketika memantau proses vaksinasi Covid-19 di Lapangan Bhayangkara, Mabes Polri, Jakarta, Sabtu (26/6/21).


Saat ini Polri melalui Kapolda yang tersebar di 34 Provinsi menggelar vaksinasi masal ini. Targetnya ada 1 juta lebih masyarakat yang ikut vaksinasi per hari.

"Seluruh pimpinan daerah Kapolda, Pangdam, Gubernur, seluruh pimpinan daerah, Bupati, Wali Kota, saya ucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas acara vaksinasi massal di hari ini yang dikerjakan secara serentak di seluruh Polda, Kodam dan bekerjasama dengan Pemda," kata Jokowi.

Proses vaksinasi memang harus cepat dikebut, pasalnya hingga kini angka kasus kian melonjak tinggi. Kemarin, ada tambahan 18.872 kasus konfirmasi positif sehingga total menjadi 2.072.867. Sehari sebelumnya, kasus terkonfirmasi tembus 20.574. Akibatnya, rumah sakit kewalahan.

"Sekarang pun Rumah Sakitt kita sudah tidak mampu, makanya sudah waktunya membuat RS Darurat, dengan tenda-tenda IGD yang dilakukan sekarang secara cepat. Khususnya di Jawa," kata Epidemiolog Griffith University Dicky Budiman kepada CNBC Indonesia, Jumat (25/06/2021).

Apalagi, dia menilai saat jumlah kasus yang tercatat secara resmi tidak mewakili angka sebenarnya. Artinya jumlah pasien yang akan diterima oleh RS kemungkinan bisa lebih banyak dibandingkan yang diperkirakan, jika menggunakan data resmi.

"Jumlah sebenarnya bisa lebih besar, bisa 50 ribuan tergantung jumlah yang dites," tambah Dicky.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading