Sepeda Lipat Brompton 'Digoreng', Sekarang Harga Paling Drop!

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
16 June 2021 07:33
Sepeda Brompton (Tangkapan Layar brompton.com)

Jakarta, CNBC Indonesia - Sepeda yang masuk kategori harga premium seperti sepeda lipat Brompton hingga sepeda murah di bawah Rp 5 juta khususnya sepeda lipat mengalami koreksi. Model sepeda yang dahulu sempat 'digoreng' perlahan kini mulai turun, tapi ada pedagang mengakui jenis model tertentu malah stabil harganya.

"Secara penjualan, sepeda brand apapun cenderung mengalami penurunan daripada sebelumnya," kata Iman Firman, penjual sepeda Toko Sepeda Maju Jaya yang terletak di jalan Tamansari raya nomor 5 C Jakarta Barat kepada CNBC Indonesia, dikutip Rabu (16/6/2021).


Penurunan permintaan juga terjadi pada sepeda lipat Brompton. Sepeda yang digunakan banyak orang demi gaya hidup ini sudah mulai ditinggalkan. Bosen dengan sepeda lipat, pilihan bisa mengarah pada sepeda gunung (MTB). Salah satunya adalah MTB Patrol 093 yang memiliki bandrol Rp 16 juta serta Patrol 092 dengan harga Rp 18 juta.

"Patrol 093 dan 092 emang segitu dari awal, harganya nggak turun dibanding awal pandemi," kata pemilik toko sepeda yang tak mau disebutkan namanya berlokasi di Jl. Semeru Bogor, Selasa (8/6/2021).

Bila ingin memiliki sepeda dengan spek lebih tinggi ada juga Trek x Caliber dengan banderol Rp 19 juta hingga puluhan juta. Tidak ketinggalan, jika ingin terlihat lebih gaya pilihan ke Brompton. Namun sepeda Brompton harganya sempat 'digoreng' tinggi.

"Brompton harga nggak normal, demand tinggi, supply tersendat jadi harga di atas Rp 50 juta waktu itu, semua Rp 45 juta ke atas, padahal normalnya Rp 30 jutaan lebih," kata Ketua Asosiasi Pengusaha Sepeda Indonesia (Apsindo) Eko Wibowo Utomo .

"Sekarang menyesuaikan, barang ada, harga baru kisaran Rp 36 juta. Malah para importir yang bukan distributor bisa jual harga di bawah Rp 36 juta," kata Eko.

Sebagai contoh harga Brompton M6L Raw Lacquer beberapa bulan lalu mencapai Rp 41 juta, kini harganya di kisaran Rp 37 juta. Begitu pun dengan M6R BE Color dari semula Rp 43 juta menjadi Rp 39 juta. Sementara M6R BE Lacquer yang semula kisaran Rp 46 juta saat ini kembali ke angka Rp 42 juta.

Adapun jenis sepeda Brompton yang sempat menyentuh angka Rp 50 juta lebih adalah M6L Flame Lacquer hingga Rp 53,2 juta, padahal harga normal di Rp 38 juta. Kemudian ada lagi M6R Flame Lacquer yang sempat menyentuh Rp 54,6 juta, meski harga normal Rp 39 juta.


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading