Jangan Kaget, Segini Harga Sepeda Brompton Sekarang

Lifestyle - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
15 June 2021 10:10
Suasana pameran sepeda Brompton di ITC Mangga Dua, Jakarta. (CNBC Indoensia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Demam sepeda Brompton sempat mewabah di tanah air beberapa waktu lalu. Meski tergolong mahal, sepeda itu memiliki banyak penggemar.

Lantaran hukum ekonomi, harga sepeda Brompton sempat melambung tinggi pada masa awal pandemi Covid-19 hingga akhir tahun lalu. Kenaikan harganya juga tidak main-main, bisa meningkat hampir dua kali lipat dari harga semula.

Lalu, bagaimana dengan kondisi harga sepeda Brompton saat ini? Ketua Asosiasi Pengusaha Sepeda Indonesia (Apsindo) Eko Wibowo Utomo kepada kepada CNBC Indonesia, Senin (15/6/2021), bercerita perihal naik turun harga sepeda tersebut.

"Brompton harga nggak normal, demand tinggi, supply tersendat jadi harga di atas Rp 50 juta waktu itu, semua Rp 45 juta ke atas, padahal normalnya Rp 30 jutaan lebih," kata Eko.



Harga yang mahal itu bukan halangan bagi pengguna sepeda Brompton. Meski kenaikan harga tidak wajar, namun tetap ludes karena tingginya peminat. Sebagian memang untuk kebutuhan, namun tidak sedikit juga yang membelinya demi gaya hidup. Sikap konsumtif itu yang ikut membuat harga melambung. Di sisi lain, stok barang juga menipis akibat permintaan yang menggila.

Namun, kondisi berbeda justru terjadi saat ini, ketika permintaan tidak sebesar beberapa bulan lalu. Imbasnya, stok pun berlimpah, maka harganya pun cenderung turun.


"Sekarang menyesuaikan, barang ada, harga baru kisaran Rp 36 juta. Malah para importir yang bukan distributor bisa jual harga di bawah Rp 36 juta," kata Eko.

Sebagai contoh harga Brompton M6L Raw Lacquer beberapa bulan lalu mencapai Rp 41 juta, kini harganya di kisaran Rp 37 juta. Begitu pun dengan M6R BE Color dari semula Rp 43 juta menjadi Rp 39 juta. Sementara M6R BE Lacquer yang semula kisaran Rp 46 juta saat ini kembali ke angka Rp 42 juta.

Adapun jenis sepeda Brompton yang sempat menyentuh angka Rp 50 juta lebih adalah M6L Flame Lacquer hingga Rp 53,2 juta, padahal harga normal di Rp 38 juta. Kemudian ada lagi M6R Flame Lacquer yang sempat menyentuh Rp 54,6 juta, meski harga normal Rp 39 juta.


[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading