Rasakan Mudahnya Berobat Hingga Operasi Dengan JKN-KIS

News - Rahajeng KH, CNBC Indonesia
15 June 2021 18:31
BPJS Kesehatan (BPJS Kesehatan)

Jakarta, CNBC Indonesia - Adanya program Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) berperan penting dalam menjamin kesehatan masyarakat Indonesia. Seorang petani di Wilayah Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Limsam Tambunan (42) menjadi salah satu JKN-KIS dan telah merasakan manfaatnya.

Dia termasuk pada segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI) dari Pemerintah. Saat ditemui di RS Harapan Pematangsiantar, pada Rabu (02/06), Limsam sedang mendampingi anaknya yang baru berusia sebelas tahun menjalani rawat inap karena harus menjalani operasi apendik, Limsam menceritakan bahwa dirinya sudah sering kali mendapatkan kemudahan saat berobat ketika menggunakan kartu JKN-KIS.

"Saya sudah sering berobat menggunakan kartu JKN-KIS yang saya dapat dari pemerintah sejak tahun 2014 lalu. Program JKN-KIS ini sangat membantu sekali bagi masyarakat seperti saya karena jika harus mencari sendiri biaya berobatnya tentu saya akan kerepotan mencarinya. Istri dan dua anak saya sangat sering menggunakan kartu JKN-KIS ini untuk berobat," ujar Limsam belum lama ini.


Limsam mengatakan bahwa istrinya selama beberapa tahun sering bolak balik masuk rumah sakit karena menderita penyakit lambung yang kronis, hingga akhirnya sang istri tercinta meninggal dunia. Kemudian anak pertama dan anak kedua sama-sama harus menjalani operasi apendik. Limsam mengaku selama menggunakan JKN-KIS selalu dilayani dengan baik di rumah sakit meskipun dirinya datang sebagai peserta.

Dia mengatakan selama memanfaatkan Program JKN-KIS untuk mendapatkan pelayanan kesehatan, dirinya tidak ada mengalami kesulitan sekalipun keluarganya adalah peserta PBI. Limsam merasa terbantu serta dilayani dengan sangat baik oleh petugas medis. Limsam menuturkan bahwa dengan adanya Program JKN-KIS, dirinya tidak perlu menggunakan tabungan untuk biaya pengobatan bagi keluarganya karena seluruh biaya pelayanan kesehatan telah dijamin.

"Saya cukup sedih sebenarnya anggota keluarga saya mengidap penyakit, tetapi penyakit yang datang itu memang sesuatu yang tidak bisa dihindari. Namun setidaknya yang bisa saya syukuri itu adalah seluruh biaya pengobatan keluarga saya itu gratis," kata dia.

Diakhir perbincangan, Limsam mengaku beruntung menjadi peserta JKN-KIS karena saat sakit pun tidak perlu memikirkan biaya pengobatan, sehingga membuat pikiran menjadi tenang. Semua biaya baik biaya kecil maupun biaya besar dijamin oleh Program JKN-KIS. Limsam berharap semoga program ini dapat terus membantu masyarakat yang membutuhkan biaya pengobatan.


[Gambas:Video CNBC]

(rah/rah)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading