Jokowi Cek Tol Semarang-Demak: Ini Solusi Macet Puluhan Tahun

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
11 June 2021 16:56
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau Bandara Soedirman, Purbalingga, Jawa Tengah. (Biro Pers Sekretariat Presiden/Lukas) Foto: Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau Bandara Soedirman, Purbalingga, Jawa Tengah. (Biro Pers Sekretariat Presiden/Lukas)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada hari ini meninjau ruas jalan tol Semarang - Demak di Kabupaten Demak, Jawa Tengah, Jumat (11/6/2021).

Dalam pernyataan pers usai meninjau proyek tersebut, Jokowi mengemukakan ruas jalan tol ini merupakan bagian dari jaringan tol koridor Pantau Utara Jawa. Ruas tol ini akan menghubungkan Semarang, Demak, Rembang, Tuban, dan Gresik.

"Ruas Gresik Surabaya telah terhubung jalan tol dan telah dioperasikan. Panjangnya 26,7 seksi I Kaligawe Sayung sepanjang 10,39 kilometer dan seksi II Sayung Demak sepanjang 16,31 kilometer," kata Jokowi.


Tol Semarang - Demak dibangun dengan metode pembiayaan dari pemerintah maupun Kerja Sama Pemerintah Badan Usaha (KPBU). Keberadaan ruas tol ini diharapkan dapat mengurangi kemacetan lalu lintas di wilayah tersebut.

"Terutama Kalegawa dan Bandar Udara Ahmad Yani yang sudah berpuluh-puluh tahun selalu macet baik karena kendaraan besar yang semua lewat di jalur ini," katanya.

Jokowi mengutarakan ruas jalan tol Semarang - Demak memiliki keistimewaan tersendiri karena mampu berfungsi sebagai pengendalian banjir rob karena memiliki kolam retensi dan rencana untuk membangun tanggul laut.

"Yang masih terendam semua akan kering dan bisa digunakan baik untuk kawasan industri dan pendukungnya serta pusat-pusat pertumbuhan ekonomi baru," katanya.

"Kita harapkan ini seger bisa diselesaikan sehingga mendorong pertumbuhan ekonomi di provinsi Jawa Tengah," jelasnya.


[Gambas:Video CNBC]

(mij/mij)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading