Polisi Minta McDonald's Hilangkan Promo BTS Meal McD

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
10 June 2021 14:49
Suasana McDonald di Mal Plaza Depok kembali normal dibuka yang sebelumnya kemarin ditutup akibat membeludaknya antrean driver Gojek untuk pemesanan menu baru BTS Meal Kamis (9/6/2021). Pantauan CNBC Indonesia McDonald dibuka kembali oprasinonal sekitar jam 10.00 Wib, karyawan McDonald yang tidak mau disebutkan namanya mengatakan

Jakarta, CNBC Indonesia - Polisi sempat mengusulkan manajemen McDonald's untuk menghilangkan promo BTS Meal. Permintaan ini untuk mencegah kembali terulangnya kerumunan pada Rabu (9/6).

"Kami mengusulkan kemarin supaya aplikasi yang Meal BTS itu dihilangkan dulu. Jangan sampai terjadi kerumunan seperti ini," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (10/6/2021) dikutip dari detikcom.

Ia mengatakan klarifikasi manajemen McDonald's itu telah dilakukan di sejumlah polsek dan polres. Polisi memanggil manajemen McDonald's yang gerainya menciptakan kerumunan dari promo BTS Meal.


Terkait usulan kepolisian untuk menghilangkan promo BTS Meal, Yusri mengatakan pihak manajemen McDonald's berjanji akan memperbaiki sistem promo tersebut ke depannya.

"Mereka akan memperbaiki sistemnya jangan sampai terjadi kerumunan. Itu pengakuan dari hasil klarifikasi yang sudah dilakukan kepada para manajemen gerai-gerai McDonald's yang ada, mereka akan memperbaiki sistem itu," terang Yusri.

Kepada pihak kepolisian, manajemen McDonald's pun telah menyampaikan permintaan maaf atas kerumunan yang tercipta dari promo BTS Meal. Manajemen McDonald's mengklaim kerumunan serupa tidak akan terjadi lagi ke depannya.

"Mereka sudah minta maaf akan memperbaiki sistem yang ada dari manajemen yang ada. Bagaimana nanti akan mereka sudah merancang itu tidak terjadi kerumunan seperti kemarin," ujar Yusri.

Dampak kerumunan pesanan BTS Meal McD di Jakarta berbuntut sanksi ke puluhan gerai. Total ada 32 gerai McD di Ibu Kota yang kena sanksi.

Berdasarkan data dari Pemprov DKI Jakarta per 9 Juni 2021, sebanyak 32 gerai McD diberi sanksi. Perinciannya, 12 gerai diberi sanksi teguran tertulis, 19 gerai di sanksi penutupan 1x24 jam, dan 1 gerai ditutup 3x24 jam.

Tanggapan McD

Ihwal mengenai penutupan beberapa gerai MCDonald's karena terjadinya kerumuman, pihak McD memberikan penjelasan melalui pernyataan resmi Rabu (9/6).

"Kami sangat berterima kasih atas antusiasme masyarakat yang sangat besar akan BTS Meal. Perihal penutupan sementara beberapa gerai McDonald's, keselamatan dan keamanan konsumen dan pelanggan adalah prioritas McDonald's Indonesia, penutupan dilakukan untuk sementara waktu, demi menghindari kerumunan antrian drive thru dan pembelian delivery. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini," kata Sutji Lantyka selaku Associate Director Communication McDonald's Indonesia.

Pihaknya juga kini mengantisipasi antrian drive thru dan pembelian delivery saat ini kami memberlakukan buka tutup order.

"Kami sangat berterima kasih atas antusiasme masyarakat yang sangat besar akan BTS Meal. Keselamatan dan keamanan konsumen dan pelanggan adalah prioritas McDonald's Indonesia. Untuk mengantisipasi antrian drive thru dan pembelian delivery saat ini kami memberlakukan buka tutup order pada platform pemesanan online dan terus menghimbau seluruh pihak untuk menjaga dan mentaati protokol kesehatan sesuai aturan," katanya dalam penjelasan tertulis, Rabu (9/6).


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading