Prokes Bermasalah, Trik McD Bikin BTS Meal Dianggap Hebat!

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
10 June 2021 15:20
Puluhan ojol berkerumun untuk membeli promo BTS Meal di gerai McDonald's Mampang, Rabu (9/6/2021). Menu Mcdonald's yang berkolaborasi dengan BTS Meal dijual hari ini pukul 11.00 WIB. Pantauan CNBC Indonesia di MC Donald Mampang sejumlah petugas Satpol PP Satgas Covid-19 di lokasi mencoba berbicara kepada manager MC Donald. Karena ramainya ojol Drive thru di mampang ditiadakan Ternyata di sejumlah Mcdonald's terlihat antrian para driver ojek online yang mendapatkan pesanan masyarakat untuk BTS Meal tersebut. Nama BTS Meal dan BTSxMcD menduduki peringkat satu dan kedua Trending Topik Twitter Indonesia. Masing-masing telah dipenuhi sebanyak 52.900 tweet dan 12.200 tweet. Selain itu ada juga yang mengabarkan jika aplikasi ojek online ditutup. Serta outlet McDonald's dikabarkan penuh untuk memesan BTS Meal. Salah satu driver ojol mengatakan pada CNBC Indonesia bahwa ia sudah menunggu sejak pukul 11 hingga pukul 1.30 makanan belum juga bisa diambil. (CNBC Indonesia/ Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Di luar masalah pelanggaran prokes yang sempat heboh, promo BTS Meal di McDonald's dapat acungan jempol di tengah sulitnya penjualan restoran saat pandemi Covid-19.

Catatan Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), ribuan gerai restoran tutup akibat sepi pengunjung. Namun, tingginya minat pembelian ke BTS Meal McD jadi bukti trik penjualan yang sukses oleh restoran.

"Customer ini punya uang, tapi nggak beredar. Sekarang persoalannya demand nggak muncul, orang lebih baik simpan. Sekarang gimana perusahaan ini siasati demand ini bergeser. Itu (BTS Meal McD) pintar langsung demand switch tadinya nggak mau beli jadi beli," kata Wakil Ketua PHRI Bidang Restoran Emil Arifin kepada CNBC Indonesia, Kamis (10/6/21).


Saat ini masyarakat lebih menyukai untuk membeli produk dari teman atau kerabat sekitarnya. Hal ini tidak lepas akibat banyaknya penjual makanan yang baru memulai usahanya di masa pandemi Covid-19 ini. Namun, McD bisa mengubah itu dengan menarik banyak masyarakat menjadi konsumen.

Namun, Emil mengingatkan selain trik bisnis yang jitu, jangan lupa protokol kesehatan harus tetap terjaga.

"Ini bisa kreativitas meningkatkan demand, McD hebat cuma harus diantisipasi pelaksanaan protokol kesehatannya. Kita harus siap dengan back up plan begitu ada hal seperti itu," kata Emil.

Seharusnya pihak manajemen di top level hingga store manager di lapangan harus bersiap dengan potensi keramaian yang ada. Jika tidak, potensi penumpukan benar-benar terjadi seperti terlihat di beberapa gerai McD. Selain manajemen bisa mengukur kesiapan sebelum menjalankan kegiatannya.

"Di beberapa negara juga akhirnya kan ditunda, mungkin mereka punya hitungan akan ada penumpukan segala macam, jadi ditunda," kata Emil.

Di Singapura misalnya, sengaja menunda menu BTS Meal yang juga sempat membuat heboh di Malaysia. Itu lantaran negara itu sedang menghadapi fase dua setelah lonjakan kasus Covid-19.


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading