Heboh BTS Meal, Siapa di Balik Investor McD Indonesia?

Market - tahir saleh, CNBC Indonesia
10 June 2021 10:35
Puluhan ojol berkerumun untuk membeli promo BTS Meal di gerai McDonald's Mampang, Rabu (9/6/2021). Menu Mcdonald's yang berkolaborasi dengan BTS Meal dijual hari ini pukul 11.00 WIB. Pantauan CNBC Indonesia di MC Donald Mampang sejumlah petugas Satpol PP Satgas Covid-19 di lokasi mencoba berbicara kepada manager MC Donald. Karena ramainya ojol Drive thru di mampang ditiadakan Ternyata di sejumlah Mcdonald's terlihat antrian para driver ojek online yang mendapatkan pesanan masyarakat untuk BTS Meal tersebut. Nama BTS Meal dan BTSxMcD menduduki peringkat satu dan kedua Trending Topik Twitter Indonesia. Masing-masing telah dipenuhi sebanyak 52.900 tweet dan 12.200 tweet. Selain itu ada juga yang mengabarkan jika aplikasi ojek online ditutup. Serta outlet McDonald's dikabarkan penuh untuk memesan BTS Meal. Salah satu driver ojol mengatakan pada CNBC Indonesia bahwa ia sudah menunggu sejak pukul 11 hingga pukul 1.30 makanan belum juga bisa diambil. (CNBC Indonesia/ Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Rabu kemarin (9/6) pemberitaan media massa berisi soal membeludaknya pembeli BTS Meal, menu baru restoran cepat saji McDonald's (McD) hasil kolaborasi dengan boyband asal Korea Selatan, BTS.

Di Indonesia, McDonald's Indonesia juga telah merilis menu kolaborasi yang langsung disambut antusias oleh para ARMY atau panggilan khusus untuk penggemar BTS.

Melalui akun Twitter resmi McDonald's Indonesia, menu tersebut sudah dirilis mulai jam 11 Rabu kemarin. Para pelanggan hanya bisa memesannya dengan aplikasi layanan pesan antar makanan, seperti McDelivery, GrabFood, GoFood & ShopeeFood.


Diketahui, para pelanggan tidak bisa membeli BTS Meal langsung di restoran untuk makan di tempat (dine in) atau bawa pulang (take away). Ini untuk menghindari kerumunan pembeli. Inilah yang kemudian memicu membludaknya pembelian via online yang memuat para pengemudi Gojek (GoFood) berkerumun.

Akibatnya, lebih dari selusin gerai restoran makanan cepat saji McDonald's di Indonesia ditutup sementara pada Rabu (9/6/2021).

Gerai McDonald's di Jakarta dan beberapa kota lainnya telah ditempelkan stiker penutupan. Setidaknya terpantau 13 gerai yang dibanjiri pengemudi pengiriman makanan online yang membelikan pesanan BTS Meal.

"Kami menutup sementara empat dari enam gerai McDonald's di Semarang selama beberapa hari," kata Fajar Purwoto, kepala Satpol PP Semarang, dikutip dari AFP.

"Saya tidak ingin Semarang berada di zona merah Covid-19 lagi," tambahnya.

Sementara pihak berwenang Jakarta tidak menanggapi permintaan komentar. Tetapi media lokal mengatakan lima toko di ibu kota ditutup karena pesanan makanan BTS Meal.

BTS Meal merupakan paket makanan berupa nugget ayam, kentang goreng, dan minuman, yang pertama kali tersedia di Indonesia. Paket makanan ini telah dijual di puluhan negara sejak Mei 2020.

BTS merupakan boyband superstar global dengan jutaan penggemar di seluruh dunia sejak debut mereka pada tahun 2013 silam.

Terkait dengan ini, Sutji Lantyka selaku Associate Director Communication McDonald's Indonesia, mengatakan pihaknya sangat berterima kasih atas antusiasme masyarakat yang sangat besar akan BTS Meal.

"Perihal penutupan sementara beberapa gerai McDonald's, keselamatan dan keamanan konsumen dan pelanggan adalah prioritas McDonald's Indonesia, penutupan dilakukan untuk sementara waktu, demi menghindari kerumunan antrian drive thru dan pembelian delivery. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini," kata Sutji dalam keterangan resminya.

NEXT: Siapa di Balik McD Indonesia?

Siapa Pengendali McD Indonesia?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading