Lewat Semua! Xi Jinping Cobain Duluan Kereta Cepat JKT-BDG

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
08 June 2021 09:09
kereta cepat

Sebentar lagi Indonesia akan masuk dalam daftar dari sedikit negara yang mengoperasikan kereta cepat di dunia. Lewat kerja sama dengan China, Indonesia selangkah lagi punya kereta cepat yang operasi.

Kereta cepat Jakarta-Bandung sepanjang 142,3 km ditargetkan uji coba November 2022 saat bersamaan dengan G20 di Bali. Presiden Jokowi dan Presiden China Xi Jinping diagendakan akan meresmikan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung ini.

Capaian ini menyalip banyak negara-negara di ASEAN seperti Singapura-Malaysia, Thailand, dan Vietnam. Malaysia-Singapura akhirnya membatalkan proyek ini, sedangkan Vietnam menargetkan baru bisa menuntaskan proyek pada 2030. Vietnam menyiapkan dua rute kereta cepat yaitu Hanoi-Vinh dan HCMC-Nha Trang, seperti dilaporkan vnexpress.net pada Maret 2021.


Sedangkan Thailand, pada Maret 2021 baru menyelesaikan kontrak tiga rute proyek kereta cepat China yang menghubungkan Bangkok-Nakhon Ratchasima. Juga Den Chai, Phrae-Chiang Khong, Chiang Rai, dan Ban Phai-Nakhon Phanom. Sedangkan Indonesia berencana menambah rute sampai Surabaya sehingga total mencapai 700 km.

Dengan kata lain Indonesia yang terdepan di kawasan dalam progres kereta cepat. Laporan International Union of Railways mencatat sampai awal 2020 baru ada 44 negara yang memiliki proyek kereta cepat, dari jumlah itu baru 21 negara yang mengoperasikannya.

Meski kereta cepat dirintis oleh Jepang pada 1964 tapi kenyataannya China lah yang jadi juara kereta cepat dari sisi total jalur yang dioperasikan. China menguasai 67% jaringan kereta cepat yang beroperasi saat ini.

Kereta Cepat (Dok. uic.org)Foto: Kereta Cepat (Dok. uic.org)
Kereta Cepat (Dok. uic.org)

[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
HALAMAN :
1 2
Artikel Selanjutnya

Inikah Kota 'Raksasa' Baru yang Dilewati Kereta Cepat JKT-BDG

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading