Anggaran Dipotong, Menteri KKP Nego Anggaran Sampai Rp 14 T

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
07 June 2021 14:45
Menteri KKP, Kementerian Kelautan dan Perikanan (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Sakti Wahyu Trenggono meminta tambahan anggaran untuk Kementeriannya di 2022. Semula, berdasarkan pagu indikatif dari Menteri Keuangan dan Menteri PPN/Bappenas, KKP mendapat anggaran sebesar Rp 6,12 triliun.

"Mengingat masih besarnya peran strategis KKP dalam agenda pembangunan nasional yang belum tertampung di 2022 serta melaksanakan kegiatan prioritas utamanya dalam pemulihan ekonomi dan ketahanan pangan maka KKP mengusulkan tambahan pagu anggaran sebesar Rp 8 triliun," katanya dalam rapat dengar pendapat bersama komisi IV DPR RI, Selasa (7/6/21).

Dari tambahan angka tersebut, sebagian besar merupakan biaya non operasional, utamanya dalam program-program KKP. Sementara yang lainnya untuk operasional.


"Terdiri dari belanja operasional Rp 236,61 miliar untuk pemenuhan belanja pegawai dan operasional perkantoran di pusat dan daerah, belanja non operasional sebesar Rp 7,806 triliun yang digunakan dalam rangka melaksanakan program prioritas nasional dan terobosan KKP," jelas Wahyu Sakti.

Jika ditotal, maka KKP meminta anggaran untuk tahun depan sebesar Rp 14 triliun, dua kali lipat lebih dibanding tahun lalu yang berjumlah Rp 6,5 triliun.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Susi: Impor Garam Jangan Lebih Dari 1,7 Juta Ton, Please!


(hoi/hoi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading