Josss, Fitch Ramal Ekonomi RI Bisa Tumbuh 5,46%! Tapi...

News - Tirta, CNBC Indonesia
04 June 2021 16:10
fitch ratings

Jakarta, CNBC Indonesia - Ekonomi Asia yang diharapkan melaju pesat di tahun 2021 ini justru menghadapi risiko yang serius. Pandemi Covid-19 masih menjadi risiko terbesar bagi pemulihan ekonomi di kawasan Benua Kuning.

Pusat (episentrum) wabah Covid-19 yang sebelumnya berada di Amerika Serikat (AS) dan Eropa kini bergeser ke timur. Negara-negara di kawasan Asia seperti India, Malaysia, Filipina, dan Thailand justru mencatatkan peningkatan kasus yang luar biasa.

Sebagai negara dengan perekonomian terbesar kedua setelah China untuk regional Asia, India memainkan peranan penting. Selain sebagai destinasi ekspor negara-negara penghasil komoditas seperti Indonesia, Negeri Bollywood juga punya peran penting dalam rantai pasok vaksin global.


India merupakan penyedia vaksin Covid-19 untuk Covax, semacam kelompok yang berinisiatif untuk memastikan bahwa distribusi vaksin ke negara-negara yang membutuhkan terutama negara berkembang dan miskin.

Dengan adanya lonjakan kasus Covid-19 yang terjadi, Serum Institute India menyatakan tak akan kembali mengirim vaksin Covid-19 untuk fasilitas Covax hingga akhir tahun ini. Jelas ini menjadi risiko bagi pemulihan ekonomi untuk kawasan Asia.

Laju vaksinasi di negara-negara kawasan Asia yang lebih rendah membuat outlook pertumbuhan ekonomi menjadi buram dan tertinggal dari negara-negara maju. Dunia seolah terbalik memang.

Dulu sebelum pagebluk terbesar abad ini melanda ekonomi negara-negara maju seolah loyo karena pertumbuhannya yang rendah. Sekarang justru negara-negara berkembang yang terancam mengalami hal tersebut.

Fitch Solutions dalam riset terbarunya memproyeksikan perekonomian Asia akan tumbuh positif tahun ini karena adanya fenomena low base effect pasca output mengalami kontraksi tahun lalu. Namun PDB tak akan tumbuh lebih tinggi dari level sebelum pandemi.

Bergesernya episentrum wabah ke kawasan Asia juga menghambat terjadinya reformasi di beberapa negara Asia yang mengalami peningkatan serius laju infeksi Covid-19 hariannya.

Dari sisi makro, Fitch Solutions melihat akan adanya konsolidasi fiskal. Defisit anggaran di beberapa negara seperti di Sri Lanka, Malaysia dan Filipina akan semakin melebar tahun ini. Namun untuk negara selain itu kecenderungannya akan menurun.

Fitch Solution

Defisit anggaran diperkirakan bakal ditambang dengan utang yang pada akhirnya membuat rasio utang publik terhadap output perekonomian di mayoritas negara Asia akan kembali naik.

Fitch Solution

Halaman Selanjutnya --> Bagaimana dengan RI untuk tahun 2021?

Bagaimana dengan RI untuk tahun 2021?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading