RI Batalkan Haji Karena Utang ke Arab? Menag: Berita Sampah!

News - Muhammad Iqbal, CNBC Indonesia
03 June 2021 15:55
Umat Muslim mengelilingi Ka'bah, saat menjalani ibadah Umrah, di kota suci Muslim di Mekah, Arab Saudi. (AP/Amr Nabil)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah Republik Indonesia dan Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) membantah kabar yang menuding kalau pembatalan keberangkatan jemaah haji pada pemberangkatan ibadah haji 1442 H/2021 M karena ada utang RI kepada Arab Saudi.

Bantahan itu disampaikan Ketua Komisi VIII DPR RI Yandri Susanto dan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dalam keterangan pers di gedung Kementerian Agama, Jakarta, Kamis (3/6/2021).

"Ada berita yang menyampaikan bahwa haji tidak ada tahun ini karena ada utang Indonesia ke Arab Saudi itu ternyata berita bohong, tidak benar sama sekali. Kami ulangi tidak benar kalau ada pihak yang mengatakan keputusan membatalkan haji ini karena ada utang negara Indonesia kepada Saudi seperti pemondokan, catering, dan lain-lain," ujar Yandri.



"Dana haji sangat aman, aman, aman dan aman. Oleh karena itu kami mohon kepada calon jemaah haji tidak perlu risau, tidak perlu gundah gulana, intinya uang yang bapak ibu setorkan itu sangat aman. Dan kalau ada berita mengatakan karena ada utang tidak benar sama sekali," lanjutnya.
Hal senada disampaikan oleh Yaqut.

"Dan sebagaimana disampaikan Ketua Komisi VIII DPR RI, Indonesia ini tidak punya utang atau tagihan yang belum dibayar yang terkait haji. Jadi info terkait tagihan yang belum dibayar itu 100% hoaks atau berita sampah semata. Jadi tidak usah dipercaya," katanya.



[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading