Jokowi Target RI Masuk 8 Besar FIBA Asia Cup 2021

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
02 June 2021 17:05
FIBA Asia Cup 2021 Foto: FIBA Asia Cup 2021

Jakarta, CNBC Indonesia - Indonesia akan menjadi tuan rumah FIBA Asia Cup 2021 pada 17-29 Agustus mendatang. Acara kejuaraan bola basket se-Asia itu akan berlangsung di Istora Senayan.

Berbagai persiapan untuk pagelaran acara ini pun telah dibahas dalam rapat kabinet terbatas bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (2/6/2021).

"Kita sudah ditunjuk sebagai tuan rumah untuk FIBA Asia Cup yang rencananya akan dilaksanakan pada Agustus 2021. Ini akan diikuti negara-negara Asia Pasifik," kata Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali dalam konferensi pers.


Zainudin mengatakan pada 2023 Indonesia telah ditunjuk sebagai tuan rumah ajang Piala Dunia Basket (FIBA World Cup). Pemerintah pun membeberkan alasannya.

"Untuk menjadi peserta harus ikut kualifiikasi dan kita harus berjuang keras. Niat kita menjadi penyelenggara baik, tapi kita harus ada prestasi dalam tim nasional kita. Ini tidak mudah," katanya.

"Maka kesempatan yang diberikan FIBA untuk menjadi tuan rumah FIBA Asia Cup kita langsung tangkap dan kita nyatakan sedia karena dengan menjadi tuan rumah, maka kesempatan kita untuk bisa lolos FIBA World Cup terbuka," katanya.

Zainudin mengatakan peluang Indonesia jauh lebih besar untuk mengikuti FIBA World Cup jika menjadi tuan rumah pagelaran FIBA Asia Cup. Bahkan, pemerintah menargetkan Indonesia bisa masuk dalam 8 besar dalam pagelaran ini.

"Dari peserta [FIBA World Cup] akan diambil delapan besar. Kalau diselenggarakan di Indonesia, peluang itu akan besar untuk kita. Itulah sebabnya kita menggunakan kesempatan untuk menjadi tuan rumah," jelasnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Jokowi Ngotot, PON XX Papua Harus Jadi Tahun Ini!


(cha/cha)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading