Gokil China, Sudah ke Mars Juga Punya Stasiun Luar Angkasa!

News - Tommy Sorongan, CNBC Indonesia
31 May 2021 21:03
A Long March 5B rocket carrying a module for a Chinese space station lifts off from the Wenchang Spacecraft Launch Site in Wenchang in southern China's Hainan Province, Thursday, April 29, 2021. China has launched the core module on Thursday for its first permanent space station that will host astronauts long-term. (Chinatopix via AP)

Jakarta, CNBC Indonesia - Sebuah pesawat luar angkasa kargo yang dibuat dan dikembangkan China berhasil tiba di modul stasiun luar angkasa China Tianhe milik China pada Senin (31/5/2021) pagi. Hal ini bagian dari upaya China yang sebentar lagi memiliki stasiun luar angkasa permanen pada 2022.

Dikutip China Daily, pesawat  Tianzhou 2 yang digerakkan roket Long March 7 meluncur dari Pusat Peluncuran Luar Angkasa Wenchang di pantai Provinsi Hainan pada pukul 8:55 malam pada hari Sabtu (29/5/2021).

"Setelah 10 menit penerbangan di atas roket 53 meter, pesawat itu memasuki orbit Bumi yang rendah, membuka panel surya dan mulai melaksanakan prosedur pertemuan dan docking otonom yang cepat, yang berlangsung sekitar delapan jam," kata badan antariksa China dalam sebuah pernyataan.


Tianzhou 2 berhasil merapat dengan pintu belakang pangkalan luar angkasa yang juga milik China, Tianhe, pada pukul 5:01 pagi. Selanjutnya, pesawat itu diprogram untuk melakukan operasi pengisian bahan bakar otonom dan melakukan beberapa uji peralatan.

Peluncuran Tianzhou 2 awalnya dijadwalkan pada pagi hari tanggal 20 Mei, tetapi komandan misi memutuskan untuk menundanya sesaat sebelum waktu peluncuran yang telah ditentukan setelah masalah teknis pada roket terdeteksi.

Capaian ini menambah capaian gemilang China di luar angkasa, setelah sebelumnya mampu mendaratkan robot pintar zhurong di Mars, belum lama ini. China juga sedang melaksanakan misi di bulan.


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading