Lagi! Sri Mulyani Sentil Pemda Soal Dana 'Ngendon' di Bank

News - Lidya Julita Sembiring, CNBC Indonesia
24 May 2021 15:16
Menteri Keuangan Sri Mulyani memberikan keterangan pers mengenai THR dan Gaji ke-13 (Tangkapan Layar Youtube Kemenkeu RI)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati kembali menyoroti simpanan pemerintah daerah di perbankan yang kembali meningkat. Peningkatan simpanan ini terus terjadi sejak awal tahun.

"Rekening di Pemerintah Daerah pun juga masih meningkat. Jadi walaupun kita belum transfer penuh pun mereka masih punya dana hampir mendekati Rp 200 triliun," ujarnya dalam Rapat Kerja dengan Komisi XI DPR RI, Senin (24/5/2021).

Ia merinci, pada April ini posisi simpanan Pemerintah Daerah di Bank tercatat Rp 194,54 triliun. Meningkat dibandingkan posisi Maret yang Rp 182,33 triliun


"Ini naik terus menerus sejak posisi Januari. Januari Rp 133 triliun, naik ke Rp 163 triliun (Februari), naik ke Rp 182 dan sekarang posisinya di Rp 194 triliun," jelasnya.

Menurutnya, peningkatan ini terjadi bahkan sebelum pihaknya memberikan anggaran melalui Dana Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD). Oleh karena itu jika ditambah dengan anggaran saat ini maka simpanan Pemda akan menumpuk.

"Ini situasi pada saat bahkan DAU (Dana Alokasi Umum) belum kita salur penuh. Jadi kalau kita salur mungkin kembali menjadi numpuk disana penuh," kata dia.

Kondisi ini diharapkan bisa diperbaiki oleh Pemerintah Daerah. untuk memulihkan ekonomi tidak bisa hanya APBN bekerja keras, tapi juga APBD harus ikut berperan.

"APBN bekerja luar biasa keras dengan belanja untuk masyarakat dan di daerah malah belum jadi motor penggerak cukup tinggi," tegasnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Banyak Pemda 'Bandel', Sri Mulyani Tahan Transfer ke Daerah


(mij/mij)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading