Internasional

Heboh Khatib Masjidil Haram Diserang, Ini Kronologinya

News - sef, CNBC Indonesia
23 May 2021 07:20
Imam Masdijil Haram, Syekh Bandar Al Baleelah, diserang pria bersenjata. Peristiwa penyerangan itu terjadi saat dia sedang ceramah Salat Jumat, (21/5/2021).  (Dok: Twitter Haramain/@Haramaininfo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Seorang pria berusaha menyerang khatib salat Jumat di Masjidil Haram, Makah, Arab Saudi, Jumat (21/5/2021). Khatib saat itu adalah Syeikh Bandar Al Baleelah, yang termasuk imam di Masjidil Haram.

Hal ini diketahui dari Twitter Presidensi Umum Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi kemarin, Sabtu (22/5/2021). Lalu, apa yang terjadi?


Mengutip Gulft Today, kejadian ini bermula saat seorang pria tak diketahui identitasnya tiba-tiba menerobos dan berupaya menyerang mimbar yang menjadi lokasi imam menyampaikan khorban Jumat. Pria itu membawa sebuah tongkat saat berlari mendekati mimbar.

Pada saat kejadian, diketahui Syeikh Bandar Al Baleelah menggunakan pakaian putih, sementara para jamaah menggunakan pakaian ihram. Ia akhirnya diamankan petugas keamanan.

"Pria itu, mengenakan ihram dan mengacungkan tongkat, dengan cepat ditangkap dan prosedur hukum terhadapnya telah dilakukan," kata Kepolisian Mekah.

Motif di balik percobaan penyerangan ini belum diketahui secara jelas. Para pengguna media sosial Saudi memuji kesigapan petugas keamanan Masjidil Haram dalam insiden ini.

Imam Masdijil Haram, Syekh Bandar Al Baleelah, diserang pria bersenjata. Peristiwa penyerangan itu terjadi saat dia sedang ceramah Salat Jumat, (21/5/2021). (Dok: Twitter Haramain/@Haramaininfo)Foto: Imam Masdijil Haram, Syekh Bandar Al Baleelah, diserang pria bersenjata. Peristiwa penyerangan itu terjadi saat dia sedang ceramah Salat Jumat, (21/5/2021). (Dok: Twitter Haramain/@Haramaininfo)
Imam Masdijil Haram, Syekh Bandar Al Baleelah, diserang pria bersenjata. Peristiwa penyerangan itu terjadi saat dia sedang ceramah Salat Jumat, (21/5/2021). (Dok: Twitter Haramain/@Haramaininfo)


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading