Kawah Misterius Diduga Jadi Lokasi Para Kru KRI Nanggala 402

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
21 May 2021 18:31
In this aerial photo taken from a maritime patrol aircraft of 800 Air Squadron of the 2nd Air Wing of Naval Aviation Center (PUSPENERBAL), the Indonesian Navy submarine KRI Alugoro sails during a search for KRI Nanggala, another submarine that went missing while participating in a training exercise on Wednesday, in the waters off Bali Island, Indonesia, Thursday, April 22, 2021. Indonesia's navy ships on Thursday were intensely searching for the submarine that likely fell too deep to retrieve, making survival chances for all the crew on board slim. Authorities said oxygen in the submarine would run out by early Saturday. (AP Photo/Eric Ireng)

Jakarta, CNBC Indonesia - Keberadaan kawah misterius di lokasi tenggelamnya kapal selam KRI Nanggala 402 yang berawak 53 prajurit masih tanda tanya besar. Namun, dari hasil observasi yang telah dilakukan oleh TNI dengan bantuan kapal China, menunjukkan beberapa dugaan.

Ada dugaan jasad kru KRI Nanggala-402 berada di pressure hull yang merupakan bagian badan kapal selam. Nah, pressure hull sampai saat ini belum dipastikan keberadaannya, sehingga memunculkan dugaan benda ini ada di dalam kawah misterius.

Pangkormada II Laksamana Muda Iwan Isnurwanto mengatakan pihaknya telah melapor kepada pimpinan TNI AL terkait proses evakuasi KRI Nanggala. Ia mengatakan, pada akhir Mei, tindak lanjut proses evakuasi KRI Nanggala-402 akan dibahas kembali.


Iwan juga bicara soal kemungkinan posisi jasad 53 kru KRI Nanggala-402 berada di bagian badan tekan (pressure hull) kapal selam. Namun belum diketahui posisi badan tekan tersebut.

Berdasarkan hasil pencarian sementara, Badan tekan (pressure hull) KRI Nanggala-402 diperkirakan berada di dekat kawah misterius. Iwan Isnurwanto menjelaskan, kawah misterius tersebut memiliki diameter kurang-lebih 38 meter, dengan kedalaman 10-15 meter berada di dasar laut di kedalaman 839 meter. Namun belum diketahui pasti apa sebenarnya kawah tersebut.

Kawah misterius diduga lokasi badan tekan KRI Nanggala-402 (Tangkapan Layar Youtube  TNI ANGKATAN LAUT)Foto: Kawah misterius diduga lokasi badan tekan KRI Nanggala-402 (Tangkapan Layar Youtube TNI ANGKATAN LAUT)
Kawah misterius diduga lokasi badan tekan KRI Nanggala-402 (Tangkapan Layar Youtube TNI ANGKATAN LAUT)

"Lokasi badan tekan pressure hull secara pasti belum dapat digambarkan, kami hanya memperkirakan saat ini. Mungkin posisinya sekali lagi mungkin posisinya di kawah tersebut, di crater yang berdiameter 38 meter, dengan kedalaman lebih-kurang 10-15 meter kedalamannya itu pun masih belum bisa masuk ke dalamnya," kata Iwan.

"Ada satu hal di sana tempat carter atau kawah yang lebarnya kurang-lebih diameter 38 meter dengan kedalaman kurang-lebih 10-15 meter, ini yang sampai saat ini kita belum mengetahui apa sebenarnya kawah tersebut," katanya.

Dari hasil survei bawah laut itu, kapal Tan Suo Er Hao melaksanakan dive operations. Salah satunya operasi difokuskan pada kawah di dekat bagian KRI Nanggala-402.

Berita selengkapnya bisa diakses pada naskah di detikcom dalam judul '5 Fakta Setelah Sebagian KRI Nanggala Diangkat ke Permukaan'


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Prabowo: TNI Belum Dapat Kontak dengan KRI Nanggala-402


(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading