Jokowi Blak-blakan, Takut Betul Wisma Atlet Penuh Lagi

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
19 May 2021 08:55
Presiden Joko Widodo (Tangkapan (Biro Pers Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak kuasa mengungkap rasa ketakutannya saat mengetahui tingkat keterisian tempat tidur di fasilitas darurat Wisma Atlet pernah menembus persentase di atas 90%.

Hal tersebut dikemukakan Jokowi saat memberikan pengarahan kepada kepala daerah se-Indonesia dalam sebuah video yang diunggah Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (19/5/2021).




"Saya sering pakai patokan Wisma Atlet. Pernah di September 2020 di atas 90%, dan saya takut betul sudah di atas 90%. Artinya dua minggu ke depan enggak bisa turun, sudah kolaps," kata Jokowi.

Namun, situasi Wisma Atlet kini sudah berubah. Jokowi mengaku mendapatkan laporan bahwa tingkat keterisian tempat tidur di fasilitas darurat tersebut berada di angka 15,5%.

"Sehingga saya minta angka-angka ini, gubernur, bupati, walikota, pangdam, danrep, dandim, kapolda, kapolres semuanya tau kondisi angka-angka itu di setiap daerahnya sehingga tau apa yang harus dilakukan," katanya.

Secara keseluruhan, tingkat keterisian tempat tidur di rumah sakit untuk pasien Covid-19 masih terkendali. Berdasarkan catatan kepala negara, tingkat keterisian tempat tidur secara nasional mencapai 29%.

"Tapi ada beberapa provinsi di atas 29% dan ada yang masih di atas 50%. Jadi tolong semua gubernur, bupati, walikota, tau angka-angka ini," jelasnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Saat Jokowi Bosan, Lelah, & Sedih karena Pandemi


(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading