Pesan Khusus Jokowi ke Anies CS: Pasca Lebaran Waspada!

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
19 May 2021 07:25
Presiden Jokowi meninjau vaksinasi Covid-19 pelaku usaha perdagangan, Thamrin City, (3/05/2021). (Dok: Biro Pers Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berpesan kepada seluruh pimpinan daerah agar meningkatkan kewaspadaannya terhadap adanya potensi lonjakan kasus Covid-19 pasca lebaran.

Hal tersebut dikemukakan Jokowi saat memberikan pengarahan kepada kepala daerah se-Indonesia dalam sebuah video yang diunggah Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (19/5/2021).




"Pasca lebaran hat-hati, betul-betul kita harus waspada," kata Jokowi.

Peringatan yang dilontarkan Jokowi sebenarnya bukan tanpa alasan. Berkaca dari pengalaman sebelumnya, kasus Covid-19 kerap mengalami kenaikan pasca lebaran meski pemerintah sudah mengeluarkan kebijakan larangan mudik.

"Karena ada potensi jumlah kasus baru Covid-19 meskipun kita telah keluarkan kebijakan larangan mudik," katanya.

Jokowi mengaku mendapatkan laporan bahwa ada sekitar 1,5 juta orang yang mudik selama periode 6 hingga 17 Mei lalu. Meskipun jumlah ini tidak terlalu besar, Jokowi tetap berharap tidak ada kenaikan kasus yang signifikkan.

"Oleh sebab itu kita berharap meskipun saya lihat di tempat wisata ramai, kita berharap kasus aktifnya tidak sebesar tahun-tahun lalu. Karena sudah terjadi penurunan kasus aktif dari puncak kasus di awal Februari," jelasnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ini Alasan Jokowi Ngotot Larang Mudik Lebaran Tahun Ini


(sef/sef)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading