Makin Meledak.. Sudah 25,2 Juta Orang India Terjangkit Covid

News - Thea F, CNBC Indonesia
18 May 2021 17:50
Health workers give water to a patient at the BKC jumbo field hospital, one of the largest COVID-19 facilities in Mumbai, India, Thursday, May 6, 2021. (AP Photo/Rafiq Maqbool) Foto: Perawatan pasien Covid-19 di salah satu fasilitas COVID-19 terbesar di Mumbai, India, Kamis, 6 Mei 2021. (AP/Rafiq Maqbool)

Jakarta, CNBC Indonesia - Total infeksi Covid-19 di India melewati 25,2 juta kasus pada Selasa (18/5/2021). Jumlah ini naik setelah muncul 263.045 infeksi baru dan kasus kematian menjadi total 278.757, naik 4.329 kasus selama 24 jam terakhir.

Meskipun hitungan resmi menunjukkan infeksi baru mereda, tetapi ada kekhawatiran varian B.1.617, yang pertama kali ditemukan di India, tidak dapat dikendalikan. Selain itu banyak kasus, terutama di daerah pedesaan, tidak dilaporkan karena kurangnya pengujian.

Sementara tes Covid-19 diberikan kepada 200.000 orang yang dievakuasi dari distrik pesisir negara bagian barat Gujarat pada Senin (17/5/2021) malam. Ini sebagai upaya untuk mencoba membatasi penyebaran infeksi.

"Masker telah diatur agar orang-orang dipindahkan ke rumah penampungan," kata Sandip Sagale, seorang pejabat tinggi di Ahmedabad, kota utama di Gujarat, dikutip dari Reuters. "Upaya juga dilakukan untuk menjaga jarak sosial."

Negara bagian asal Perdana Menteri Narendra Modi di Gujarat mengalami peningkatan infeksi sebesar 30% sejak 2 Mei. Sementara jumlah total vaksinasi yang diberikan di negara bagian itu pekan lalu hanya 1,1 juta, setengah dari total bulan sebelumnya.

Badai infeksi tersebut mempersulit upaya untuk mengatasi virus corona di negara bagian tersebut karena vaksinasi ditangguhkan selama dua hari. Sementara rumah sakit menunggu generator cadangan untuk menjaga listrik tetap berjalan dan pasokan oksigen tambahan.

Namun, Kepala Menteri Gujarat Vijay Rupani mengatakan produksi dan distribusi oksigen tidak terganggu. Dari lebih dari 1.400 rumah sakit yang ditunjuk untuk merawat Covid-19, listrik mati dilaporkan pada 16 rs, dan dipulihkan pada 12 rs, sementara empat sisanya dipindahkan ke generator cadangan.

Di negara bagian tetangga Maharashtra, terdapat 1.000 kematian akibat virus corona dilaporkan dalam semalam. Ini menjadi jumlah korban terburuk secara nasional. Data pemerintah juga menuliskan tingkat infeksi di Maharashtra telah melonjak 15% dalam dua minggu terakhir.

Laju vaksinasi di Maharashtra telah turun 30% sejak mencapai puncaknya pada awal April, menurut data dari portal Co-WIN pemerintah. Sejak 1 April, 269 dokter telah meninggal karena Covid-19. Sebanyak 78 di antaranya di sebagian besar negara bagian pedesaan Bihar, menurut data yang dirilis oleh Indian Medical Association.



[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ada Eksodus Warga dari India, RI Batasi Penerbangan!


(dru/dru)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading