2 Menteri Jokowi: Covid Ganas, Ekonomi Terus Terganjal!

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
18 May 2021 10:30
Ilustrasi Virus Covid-19 (Photo created by wirestock via Freepik)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada hari ini akan mengunjungi Kawasan Industri Jababeka, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, dalam rangka kunjungan kerja.

Di lokasi tersebut, kepala negara akan meninjau langsung program vaksinasi gotong royong yang dilakukan secara serentak bagi para pekerja dari belasan perusahaan yang tersebar di berbagai lokasi di Jabodetabek.

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mengatakan program ini merupakan bagian dari upaya untuk memutus mata rantai penularan Covid-19. Program ini adalah kerja sama antara pemerintah dan sektor swasta.


"Tanpa terputusnya mata rantai ini, pertumbuhan ekonomi akan selalu terganjal. [Program ini] agar sektor industri bisa bergulir kembali bisa lebih nyaman, produksi maksimum dan bisa mendapatkan nilai tambah lebih," kata Lutfi, Selasa (18/5/2021).

Lutfi mengingatkan bahwa protokol kesehatan harus tetap dilakukan meski sudah menjalani program vaksinasi. Lutfi menilai, masyarakat harus melihat bagaimana situasi Covid-19 di berbagai negara.

"Kita lihat di mana-mana di negara tetangga bahwa penularan mata rantai Covid makin hari makin ganas dan hari ini juga harus kita jaga untuk sampai tidak terjadi membeludaknya penularan tersebut," katanya.

Senada, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahaladia berharap program vaksinasi bisa mewujudkan target vaksinasi yang diharapkan pemerintah.

"Sehingga mengembalikan kepercayaan publik dan opini global bagaimana penanganan Covid di Indonesia," jelasnya.

Bahlil mengatakan, untuk mencapai pertumbuhan ekonomi di atas 5% maka dibutuhkan pemulihan dari sektor konsumsi maupun investasi. Namun sebelum itu, maka program vaksinasi harus berjalan efektif.

"Maka para investor, para pelaku usaha lebih percaya diri lagi melakukan perencanaan matang dan realisasi investasi yang akhirnya menciptakan lapangan kerja," katanya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Resmi! Jokowi Berlakukan PPKM Darurat Mulai 3 Juli 2021


(mij/mij)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading