Larangan Mudik Lebaran Bikin Traffic Tol Cipali Anjlok 65%!

News - Lynda Hasibuan & Muhammad Gibran, CNBC Indonesia
15 May 2021 14:30
Tol Cipali (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Astra Tol Cipali melaporkan penurunan tajam lalu lintas kendaraan di Tol Cipali pada musim libur lebaran tahun ini. Terbaru, pada Jumat (14/5/2021), jumlah kendaraan yang melintas di Tol Cipali hanya 11 ribu kendaraan.

"Data yang tercatat tersebut dibandingkan dengan lalu lintas harian normal pada periode yang sama mengalami penurunan 65%," ujar GM Operation Astra Tol Cipali Suyitno dalam siaran persnya.

Pada musim arus balik lebaran tahun 2021 yang diperkirakan akan terjadi hingga Minggu (16/5/2021), Astra Tol Cipali memaksimalkan pelayanan dengan membuka enam gardu tol exit dan enam gardu tol enterance.

Penambahan gardu tol di gerbang tol Palimanan akan dilakukan jika terjadi peningkatan jumlah volume arus lalu lintas pada arus balik dan arus wisata yang melalui Tol Cipali. Pada jalur Tol Cipali tersedia SPBU mini di delapan rest area.

Sementara itu, PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) mengoperasikan 14 jadwal perjalanan KRL tambahan di masa larangan mudik Lebaran ini.


VP Corporate Secretary PT KAI Commuter, Anne Purba mengatakan, dengan tambahan perjalanan yang mulai beroperasi pada hari Sabtu (15/5/2021), maka secara keseluruhan KAI Commuter mengoperasikan 900 perjalanan KRL per hari dengan jam operasional pukul 04.00 WIB hingga 20.00 WIB pada masa larangan mudik Lebaran.

Penambahan perjalanan tersebut akan beroperasi sebagai feeder Manggarai-Duri PP yang menghubungkan tiga stasiun transit dengan volume pengguna tergolong besar, yaitu Manggarai, Tanah Abang, dan Duri. Selain itu, KAI Commuter juga menyiapkan tambahan perjalanan KRL ke rute-rute lainnya bila ada potensi kepadatan pengguna.

"Pada hari kedua lebaran kemarin (14/5), jumlah pengguna KRL Jabodetabek hingga pukul 19.00 WIB mencapai 239.129 orang. Jumlah tersebut meningkat 26% dibanding hari pertama Idul Fitri dimana jumlah pengguna pada kurun waktu yang sama hanya 188.434 orang," ujar Anne.

"Meski ada kenaikan, jumlahnya masih di bawah rata-rata pengguna KRL pada hari kerja yang mencapai sekitar 400.000 pengguna di masa pandemi ini," lanjutnya.

Untuk mengatur kepadatan pengguna, PT KCI juga menerapkan protokol kesehatan secara ketat terhadap penumpang.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Kacau! Tol Cipali Ambles Ditambah Pantura Banjir, Ini Efeknya


(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading