Kacau! Tol Cipali Ambles Ditambah Pantura Banjir, Ini Efeknya

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
09 February 2021 14:13
Tol Cipali Amblas (Tangkapan Layar video Twitter @EndangS77335665)

Jakarta, CNBC Indonesia - Tol Cikampek - Palimanan (Cipali) merupakan salah satu ruas penting untuk jalur distribusi di Pulau Jawa. Amblesnya di ruas KM 122 pagi ini akan membuat logistik ke Jakarta dan sekitarnya terganggu. Apalagi perbaikan membutuhkan waktu 2 minggu ke depan.

Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) Zaldy Masita mengatakan dampak yang akan ditimbulkan dari kerusakan akses jalan Cipali arah Jakarta di Ruas KM 122 akan sangat parah. Satu-satunya jalan bebas hambatan yang menghubungkan Jawa Barat ke Jawa Tengah adalah tol Cipali.

"Dampaknya sangat parah. Karena akses Pantura juga sedang tertutup karena Banjir. Dan satu-satunya jalan yang menghubungkan Jawa Barat ke Jawa Tengah adalah tol Cipali dan ternyata 1 jalur tol Cipali ambles," katanya kepada CNBC Indonesia, Selasa (9/1/2021).


Menurut Zaldy macet parah yang terjadi di tol Cipali ini akan mengganggu distribusi barang di Jawa. Pasalnya semua komoditas barang bisa terganggu karena pergerakan logistic di jawa 90% menggunakan angkutan truk.

"Kalau pantura tidak banjir sih masih aman, tidak perlu lewat tol Cipali," katanya. Sementara kerugian yang ditimbulkan setiap harinya bisa mencapai miliaran dengan akses yang terputus.

Bila hal ini tidak segera diselesaikan pemerintah, maka arus barang di Jawa bisa lumpuh. Karena jalur kereta api juga sedang terputus di Semarang karena stasiun dan rel kereta api terkena banjir.

Perbaikan KM 122 Cipali Memakan Waktu 2 Minggu

Dalam keterangan resmi kondisi jalan rusak ini akibat dari curah hujan yang tinggi terus menerus pada wilayah Jawa Barat, khususnya ruas tol Cipali. Astra Tol Cipali selaku operator jalan tol ini sudah berkoordinasi dengan kepolisian setempat untuk rekayasa lalu lintas mulai pukul 1.00 tanggal 9 Februari 2021.

"Saat ini diberlakukan contra flow mulai KM 117 hingga KM 126 untuk mengurai kepadatan lalu lintas," katanya.

Untuk mengurangi beban lalu lintas juga akan dibangun lajur darurat di median yang diperkirakan akan memakan waktu 3 hari.

"Astra Tol Cipali juga sudah berkoordinasi dengan kontraktor untuk melakukan pekerjaan perawatan pada KM 122+400, yang diperkirakan memakan waktu 2 minggu," kata Direktur Operasi Astra Tol Cipali, Agung Prasetyo dalam keterangan resmi (9/2/2021).

Astra tol Cipali memohon maaf atas ketidaknyamanan yang dialami oleh pengguna jalan. Dihimbau bagi pengguna jalan tol untuk mengantisipasi perjalanan sebelum memasuki jalan tol Cipali. Jika terjadi kendala bisa menghubungi call center 0260 7600 600 atau melalui sosial media @astratolcipali.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Sah! Truk Besar Dilarang Masuk Tol Cipali


(hoi/hoi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading