ESDM Sebut Listrik Lebaran Aman, Semoga Tak Ada Mati Listrik

News - Anisatul Umah, CNBC Indonesia
11 May 2021 16:15
Melihat Gardu Induk 150kV Kendari. CNBC Indonesia/Muhammad Sabki

Jakarta, CNBC Indonesia - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memastikan pasokan listrik jelang perayaan Idul Fitri 1442 H/2021 aman.

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Rida Mulyana mengatakan, cadangan daya nasional mencapai hampir 50% karena pasokan listrik Indonesia disuplai dari 22 sistem kelistrikan.

Menurutnya, berdasarkan laporan Posko tanggal 10 Mei 2021 periode beban puncak siang hari, keseluruhan sistem dalam kondisi aman. Secara keseluruhan daya mampu pasok nasional sebesar 41.559,91 mega watt (MW) dan beban puncak sebesar 28.060,50 MW.


"Sehingga, kapasitas cadangan daya nasional sebesar 13.499,42 MW atau sebesar 48,11%," ungkapnya dalam keterangan resmi kementerian, Selasa (11/05/2021).

Rida menyebut, Kementerian ESDM telah membentuk Pos Komando (Posko) pemantauan kondisi sektor ESDM, khususnya di sub sektor ketenagalistrikan secara virtual berkoordinasi dengan PT PLN (Persero) mulai 6 Mei 2021 sampai 21 Mei 2021 mendatang.

Lebih lanjut dia mengatakan, menjelang Idul Fitri kondisi pasokan tenaga listrik pada sistem Jawa-Bali berada pada kondisi normal. Berdasarkan pengalaman, biasanya beban puncak menurun dibandingkan dengan bulan-bulan sebelumnya karena aktivitas industri berkurang.

"Khusus sistem kelistrikan Jawa Madura Bali diperkirakan pada periode Hari Raya Idul Fitri dalam kondisi normal dengan cadangan daya pembangkit lebih besar dari kapasitas unit terbesar sistem yaitu PLTU Jawa-7," paparnya.

Rida meminta agar PLN memastikan kesiapan dan keandalan sistem kelistrikan, meliputi kesiapan unit pembangkit, penguatan jaringan transmisi dan distribusi tenaga listrik.

PLN juga diminta menghentikan sementara pemeliharaan instalasi di transmisi dan gardu induk kecuali pekerjaan darurat. Menanggapi hal ini, Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini menyampaikan jika pihaknya berkomitmen untuk terus memantau dan memastikan pasokan listrik aman jelang Hari Raya Idul Fitri.

Zulkifli mengatakan, PLN telah menyiagakan personil dan posko siaga di seluruh unit PLN di Indonesia. PLN menyiapkan 2.327 posko siaga, 31.000 personil, 4.591 unit kendaraan yang siap bertugas 24 jam untuk menjaga keandalan pasokan listrik yang tersebar di seluruh Indonesia.

"Meskipun di tengah pandemi Covid-19, kami komitmen terus siaga menjaga pasokan listrik, khususnya untuk libur Idul Fitri 1442 H," ungkapnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Seminggu Jelang Lebaran, Pasokan Listrik Dipastikan Aman!


(wia)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading