Jelang Lebaran, Pertamina-PLN Siaga Kenaikan LPG & Listrik

News - Anisatul Umah, CNBC Indonesia
11 May 2021 09:26
Petugas memeriksa meteran listrik di Rusun Muara Baru, Jakarta Utara, Senin (8/1/2018).

Sementara itu di sektor kelistrikan PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya memperkirakan konsumsi listrik akan naik sebesar 2% dibandingkan masa lebaran pada 2020.

"Prediksi kami untuk beban puncak lebaran ada kenaikan 2% dibandingkan dengan tahun lalu," ungkap Doddy B. Pangaribuan, General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya dalam keterangan resminya.

Diperkirakan beban puncak listrik saat Hari Raya Idul Fitri 2021 tanggal 13 Mei 2021 yaitu sebesar 3.103 mega watt (MW). Lebih tinggi dari capaian beban puncak saat Idul Fitri tahun 2020 yaitu sebesar 3.038 MW pada pukul 21.00 WIB.

Siaga pasokan kelistrikan akan berlangsung dari 6-21 Mei 2021, di mana DKI Jakarta disuplai dari enam subsistem kelistrikan dengan total kapasitas 10.315 MW melalui 59 gardu induk 150 kilo Volt (kV) dan 20 KV.

PLN memastikan pasokan di DKI Jakarta dan sekitarnya akan tetap aman meski ada peningkatan konsumsi. Doddy menyebut PLN telah menyiapkan 2.356 personel, 17 posko, 17 unit gardu bergerak, enam unit mobil deteksi, empat unit kabel bergerak, 20 unit power bank, dan empat unit crane.

Bahkan persiapan sudah dilakukan sejak sebelum memasuki masa siaga. PLN telah memastikan kondisi peralatan pendukung dalam keadaan baik dan siap beroperasi.

"Setiap hari, PLN selalu siap dan siaga menjaga keandalan pasokan listrik. Namun, di hari-hari besar tertentu siaganya ditingkatkan," tegasnya.

Dia menyebut dalam masa siaga Idul Fitri, tidak ada pekerjaan terencana yang memerlukan pemadaman listrik, kecuali dalam kondisi mendesak atau force majeure.

Rumah sakit rujukan dan fasilitas penunjang penanganan Covid-19 di Jakarta dan sekitarnya menurutnya juga tetap dalam status siaga dengan dilengkapi dua sumber tegangan.

Petugas yang siaga juga selalu menerapkan protokol kesehatan dengan menggunakan masker, mencuci tangan atau memakai hand sanitizer, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan.





[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading