Duh! Banyak PNS Belum Dapat THR, Punya Pak Jokowi Sudah Cair?

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
11 May 2021 09:05
Presiden dan Wakil Presiden RI, Jokowi dan Ma'ruf Amin memimpin rapat terbatas (Biro Pers Sekretariat Presiden/Muchlis Jr)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah memastikan bahwa masih banyak pegawai negeri sipil (PNS) yang belum mendapatkan tunjangan hari raya (THR), kendati proses pencairan sudah dilakukan sejak H-10 Lebaran.

Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan Isa Rachmatawata mengemukakan apabila sejumlah abdi negara belum menerima THR, maka kemungkinan pencairannya akan dilakukan setelah Hari Raya Idul Fitri.

Ketentuan ini memang telah tercantum dalam Peraturan Pemerintah (PP) 63/2021 tentang pemberian tunjangan hari raya dan gaji ketiga belas kepada aparatur negara, pensiunan, penerima pensiun dan penerima tunjangan tahun 2021.


"Sesuai dengan peraturannya begitu," kata Isa melalui pesan singkatnya kepada CNBC Indonesia, seperti dikutip, Selasa (11/5/2021).

Data Kementerian Keuangan menunjukkan, pencairan THR sejauh ini sudah mencapai Rp 7,3 triliun. Insentif tersebut telah diberikan kepada 1.779.553 orang abdi negara.

Isa memastikan pemerintah akan berupaya untuk mencairkan THR sebelum perayaan hari raya. Namun, harus diakui proses pencairan THR memang tergantung pada kementerian lembaga itu sendiri.

Direktur Jenderal Perbendaharaan Negara Kementerian Keuangan Hadiyanto mengatakan apabila kementerian maupun lembaga tidak mengajukan pencairan THR maka insentif belum bisa diberikan.

"Begitu ada permintaan, KPPN (Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara) langsung mencairkan permintaan THR hanya dalam waktu satu jam sejak permintaan tersebut diterima secara lengkap dan benar," jelasnya.


Halaman Selanjutnya, >>>>>>>>> Bagaimana Dengan THR Jokowi?

THR Presiden Jokowi & Wapres Ma'ruf Amin
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading