Kasus Covid Masih Tinggi, Jepang Perpanjang Keadaan Darurat

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
08 May 2021 12:15
People sit in the outdoor seating areas of restaurants and bars Tuesday, April 20, 2021, in Tokyo. (AP Photo/Kiichiro Sato)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah Jepang memutuskan untuk memperpanjang keadaan darurat Covid-19 di Tokyo dan tiga daerah lainnya selama tiga minggu atau hingga akhir Mei mendatang, yakni Osaka, Hyogo dan Kyoto. Semula, pembatasan akan berlangsung hingga 11 Mei, namun teranyar diperpanjang hingga 31 Mei 2021.

Selain itu wilayah Aichi dan Fukuoka mulai 12 Mei hingga 31 Mei mendatang. Langkah ini demi menekan peningkatan kasus Covid-19.

"Kami perlu menjaga kewaspadaan yang kuat dan mengambil langkah lebih lanjut" kata Perdana Menteri Yoshihide Suga pada konferensi pers setelah menyelesaikan keputusan pada pertemuan gugus tugas dilansir dari Kyodo News, Sabtu (8/5/21).


Restoran dan bar dilarang menyajikan alkohol atau menawarkan layanan karaoke dan harus tutup sebelum jam 8 malam. dengan denda hingga 300.000 yen ($ 2.750) untuk ketidakpatuhan. Bisnis didorong agar karyawan bekerja dari rumah.

Pemerintah akan melonggarkan beberapa pembatasan untuk mengurangi dampak terhadap bisnis. Mulai Rabu, fasilitas komersial besar seperti department store dan bioskop akan diizinkan untuk dibuka kembali, meskipun mereka juga akan diminta untuk tutup pada jam 8 malam.

Larangan penonton di pertandingan olahraga dan konser akan diganti dengan batasan 5.000 orang atau 50 persen dari kapasitas tempat, dengan acara harus berakhir pada jam 9 malam.

Selain itu, pemerintah akan memperkuat pembatasan terhadap warga negara Jepang dan warga asing di negara yang datang dari India.

Jumlah kematian akibat virus korona harian mencapai rekor 148 pada hari Jumat, dengan jumlah kasus baru secara nasional mencapai 6.000, terbesar sejak pertengahan Januari.

Menurut Kementerian Kesehatan, Tenaga Kerja dan Kesejahteraan, setidaknya 1.131 pasien COVID-19 berada dalam kondisi serius, juga rekor tertinggi dan memicu kekhawatiran akan ketegangan lebih lanjut pada sistem perawatan kesehatan.


[Gambas:Video CNBC]

(mij/mij)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading