Internasional

Super! 90% Penduduk Jepang Kebal Covid

News - Thea Arbar, CNBC Indonesia
27 September 2022 19:28
Penumpang berkumpul saat layanan kereta dihentikan karena Topan Nanmadol mendekati wilayah Kyushu, di stasiun Hakata Fukuoka pada 18 September 2022.  (AFP via Getty Images/STR) Foto: Penumpang berkumpul saat layanan kereta dihentikan karena Topan Nanmadol mendekati wilayah Kyushu, di stasiun Hakata Fukuoka pada 18 September 2022. (AFP via Getty Images/STR)

Jakarta, CNBC Indonesia - Tingkat kekebalan populasi Jepang terhadap Covid-19 telah mencapai sekitar 90% di beberapa wilayah terpadat negara tersebut. Hal ini muncul dalam sebuah penelitian yang diterbitkan pada Selasa (27/9/2022).

"Tingkat yang disebut kekebalan kawanan itu mencerminkan perlindungan parsial yang diberikan dari infeksi alami dan vaksinasi," menurut Tokyo Foundation of Policy Research, yang memperkirakan tingkat tersebut untuk 12 prefektur terpadat di Jepang, dikutip dari Reuters.

Para peneliti menemukan masyarakat di kota Tokyo, Osaka, dan prefektur selatan Okinawa mendapatkan sebagian besar kekebalan melalui penularan di tengah jumlah kasus yang tinggi di daerah-daerah itu, terutama selama gelombang infeksi ketujuh yang memuncak bulan lalu.

Sekitar 65% populasi Jepang telah menerima setidaknya satu suntikan vaksin Covid-19, dibandingkan dengan sekitar 33% di Amerika Serikat (AS), berdasarkan data pemerintah.

Sementara Jepang minggu lalu mulai mendistribusikan suntikan booster yang diformulasikan untuk menargetkan strain virus Omicron.

Namun, menurut para peneliti, Jepang saat ini membutuhkan interval lima bulan untuk suntikan booster, meskipun dianggap terlalu lama untuk menawarkan perlindungan kepada kelompok lanjut usia dan rentan jika gelombang kedelapan yang diproyeksikan muncul menjelang akhir tahun mendatang.

Jepang saat ini mencatat total 21.118.325 kasus infeksi dan 44.463 kasus kematian, menurut data Worldometers pada Selasa.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ramai-ramai Warga Jepang Ngamuk ke Elon Musk, Kenapa?


(tfa/mij)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading