Kapal India Bersandar di Riau, Kapten & ABK Positif Corona

News - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
06 May 2021 10:35
Pekerja munurunkan gula pasir dari kapal India sebanyak 23 ribu ton di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (6/4/2021). Gula tersebut ditargetkan mulai mengisi pasar konsumsi menjelang bulan puasa dan lebaran agar dapat memenuhi lonjakan permintaan. CNBC Indonesia/ Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Satgas penanggulangan Covid-19 Riau menemukan warga negara India positif corona (Covid-19). Mereka adalah kapten dan empat dari 22 anak buah kapal (ABK) India yang bersandar di Pelabuhan Dumai 27 April.

Awalnya sang kapten lebih dulu diketahui positif. Empat ABK terkonfirmasi setelah swab dilakukan kemudian.

Saat ini mereka mendapatkan perawatan khusus di kota Pekanbaru. Mereka menunjukkan gejala sedang menuju berat.


"WNA India itu adalah anak buah kapal dan yang positif itu adalah kaptennya. Kapal ini dari India direct dari India serta berlabuh di Dumai," ujar juru bicara Satgas Covid-19 Riau, dokter Indra Yovi, dikutip dari detik.com dikutip Kamis (6/5/2021).

Saat berlabuh, kapten kapal dalam kondisi demam dan sesak napas. Akhirnya sang kapten menjalani tes PCR.

"Waktu berlabuh tentu ada kewajiban KKP untuk cek. Ternyata kapten kapal demam dan sesak, dilakukan antigen sampai PCR yang hasilnya positif," katanya.

Kapal itu sendiri merapat guna mengangkut crude palm oil (CPO). India kini mengalami tsunami corona dengan kenaikan kasus per hari mencapai 350 ribu lebih.

Varian yang mengandung mutase ganda B.1.617 juga ditemukan. Indonesia pun telah menutup pintu untuk kedatangan dari negeri Bollywood.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading