Beli Produk Lokal di E-Commerce Mulai Malam Ini Diskon Ongkir

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
05 May 2021 18:35
Pekerja mengemas barang pesanan konsumen saat Harbolnas 2020 di Gudang Ekspedisi Tiki, Fatmawati, Jakarta, Rabu, 11 November 2020. Bisnis logistik juga ikut menangguk untung dalam momen hari belanja online nasional (Harbolnas) 2020. Kepala Gudang Ekspedisi Tiki Eri menuturkan total paket yang dikirim saat Harbolnas bisa mencapai 10 ribu paket, jauh lebih tinggi dari rata-rata harian sebesar 5-7 ribu paket.

Jakarta, CNBC Indonesia - Program Belanja Buatan Indonesia (BBI) dimulaiĀ  5 Mei sampai 13 Mei 2021. Para e-commerce dan pemerintah bekerjasama dalam program subsidi ongkos kirim (ongkir) sampai Rp 20 ribu.

"Kita dorong konsumsi, jadi idenya seperti Harbolnas, mulai hari ini kickoff pada pukul 7.00 malam ini yang ingin kami pacu terutama produksi barang Indonesia," kata Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, dalam konferensi pers Perkembangan dan Upaya Pemulihan Ekonomi Nasional, Rabu (5/5/2021).

Mendag menjelaskan akan memberikan subsidi ongkos kirim, untuk UMKM lokal yang berada di pasar e-commerce. Hal ini juga sudah mendapat dari marketplace digital juga asosiasi.


Dari catatannya ada 72 platform e-commerce yang sudah bersedia memberikan subsidi ongkos kirim mencapai Rp 20 ribu.

"Jika ingin akses di halaman utama produk Indonesia akan diberikan diskon ongkir sampai Rp 20 ribu sampai gratis ditambah diskon-diskon lain agar pacu konsumsi dan pertumbuhan ekonomi juga," jelasnya.

Ditargetkan dari BBI ini dapat meraup penjualan mencapai Rp 11,5 triliun. Dari program ini juga diharapkan mendorong pertumbuhan dan penyerapan tenaga kerja manufaktur. Dia mencontohkan seperti konsumsi pembelian mobil dan sepeda motor yang mulai menunjukkan perbaikan.

Terpisah Ketua Asosiasi E-Commerce Indonesia (IdEA) Bima Laga mengatakan sejak awal Gernas BBI terbukti mampu mendorong UMKM lokal di platform e-commerce. Apalagi saat ini e-commerce menjadi salah satu penopang perekonomian Indonesia untuk bertahan di masa pandemi.

"Kami optimistis Hari BBI bisa menjadi pendorong kesuksesan majunya ekonomi masyarakat dan pelaku usaha produk lokal untuk kembali membawa dampak positif pada pertumbuhan ekonomi Indonesia ke depannya," ujar Bima dalam siaran resminya, Selasa (4/5/2021).

Seperti yang dilakukan Lazada memberikan promo khusus, termasuk gratis ongkos kirim. Dimana program ongkos kirim dapat digunakan kapanpun untuk produk apapun, juga kemana saja, serta berbagai metode pembayaran.


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading