Laporkan Kalau Ada Acara Kerumunan, Satgas Siap Bubarkan!

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
05 May 2021 10:55
Keterangan Pers Menko Perekonomian, Menteri Kesehatan, dan Kepala BNPB, 3 Mei 2021. (Dok: Tangkapan Layar Youtube Setpres RI)

Jakarta, CNBC Indonesia - Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Letnan Jenderal TNI Doni Monardo meminta masyarakat untuk melaporkan setiap kejadian yang menimbulkan kerumunan baik direncanakan maupun tidak. Satgas siap untuk membubarkan.

"Semua masyarakat bisa beri informasi ada konser musik ada pertemuan silahkan laporkan satgas. Itu sangat efektif, mereka pasti akan datang agar kalau bisa dibatalkan akan dibatalkan," jelas Doni dalam acara FMB9 "Jaga Keluarga, Tidak Mudik" yang berlangsung virtual, Rabu (5/5/2021)

Laporan bisa melalui media sosial. Selain Satgas juga bisa ditujukan kepada TNI, Polri atau para tokoh maupun pemuka agama setempat. Semakin banyak pihak yang turun tangan, menurutnya tentu akan mempermudah mencegah juga menyelesaikan persoalan kerumunan.


"Banyak unsur lainnya peduli agar cepat turun tangan. Jangan terlambat ketika ada kerumuman," ujarnya.

Masyarakat bisa belajar dari yang terjadi di Pasar Tanah Abang dan Konser Musik di Pasar Minggu pada akhir pekan lalu. Ketika ada kerumunan, semua pihak langsung terjun untuk menyelesaikan.

Doni memahami 40 juta masyarakat masih tidak percaya covid-19. Walaupun sudah banyak berjatuhan korban terinfeksi positif hingga meninggal dunia.

"Jadi ini masalah pengetahuan masalah keyakinan walaupun berulang kali tapi masih enggak percaya konspirasi covid tidak membahayakan, covid bisa menyerang siapa saja," jelasnya.

Serangan virus tersebut memang tidak bisa terduga. Menurut Doni, individu yang sudah disiplin menjalankan protokol kesehatan saja bisa positif, apalagi yang tidak sama sekali.

"Saya berani mengklaim disiplin karena tidak melepas masker, saya tidur pake masker, tapi terpapar Covid saat mengendalikan gempa di sulbar, tidak ada jaminan yang disiplin tidak terpapar," papar Doni.


[Gambas:Video CNBC]

(mij/mij)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading