Sri Mulyani Ungkap Ekonomi Global Pulih Tapi Hantu Masih Ada!

News - Lidya Julita Sembiring, CNBC Indonesia
03 May 2021 15:50
Konferens Pers hasil rapat berkala II KSSK Tahun 2021. (Tangkapan layar Youtube Kemenkeu)

Jakarta, CNBC Indonesia - Perekonomian global sekarang berada dalam jalur pemulihan. Namun sayangnya di beberapa negara juga terjadi peningkatan kasus covid-19 yang sangat mengkhawatirkan.

"Perbaikan prospek pemulihan ekonomi global yang saat ini terjadi dibayangi oleh meningkatkan kasus covid-19," ungkap Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam konferensi pers, Senin (3/5/2021)

Pemulihan ekonomi terlihat dari menguatnya Purchasing Managers Index (PMI) Manufaktur. Kemudian pertumbuhan volume perdagangan global sera peningkatan harga komoditas. Di samping itu vaksinasi global juga berlangsung cepat.


Dalam proyeksi IMF, pertumbuhan ekonomi global direvisi ke atas dari 5,5% menjadi 6% pada tahun. Meskipun kondisi penyebaran covid masih harus diwaspadai.

"Optimisme dari pertumbuhan ekonomi global ini terus dibayangi melonjak kasus covid-19 juga secara global terutama di berbagai negara yang dimuat di berita. Ini akan jadi bayangan dan down side risk ke pertumbuhan ekonomi global," jelasnya.


[Gambas:Video CNBC]

(mij/mij)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading