Heboh THR Disunat Saat Pandemi, Dear PNS.. Bersyukurlah!

News - M Iqbal, CNBC Indonesia
01 May 2021 05:00
Cover topik_THR PNS_Cover

Pegawai Negeri Sipil (PNS) salah satu profesi yang beruntung karena sudah mendapatkan kepastian adanya pencairan tunjangan hari raya (THR). Meskipun komponen THR hanya menyertakan gaji pokok dan tunjangan melekat.

Sementara di sektor swasta, masih ada beberapa pengusaha masih menyuarakan ketidakmampuannya untuk membayar THR kepada karyawannya. Bahkan beberapa sektor usaha yang belum pulih memastikan ingin membayar THR kepada karyawannya dengan dicicil.

Wakil Ketum PHRI Bidang Restoran, Emil Arifin menyebutkan bahwa pendapatan bisnis hotel dan restoran sepanjang tahun 2021 belum mengalami perbaikan. Sehingga, pelaku usaha memastikan pembayaran THR bagi karyawan akan dicicil.

"Saya kira dalam 3 bulan ini tidak ada perbaikan dalam bidang revenue kita. Rata-rata restoran juga flat itu THR akan kembali dicicil. Saya kira begitu," ujar Emil Arifin dalam Program Power Lunch CNBC Indonesia TV beberapa waktu lalu, dikutip Jumat (30/4/2021).

Dia menuturkan seperti tahun lalu THR dicicil hingga 3-4 kali. Menurutnya, saat ini cash flow sudah negatif sementara permintaan kredit sulit dibelikan perbankan.

Bahkan Emil mengaku bahwa bisnis hotel dan restoran seperti hidup segan mati tak mau. Ini terlihat dari jumlah menu pada restoran yang dikurangi serta karyawannya yang berkurang.



[Gambas:Video CNBC]

(dru)
HALAMAN :
1 2 3
Artikel Selanjutnya

Update Pencairan THR dan Gaji ke-13 PNS, Sebentar Lagi?

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading