Penyakit Thelesemia Terasa Ringan Dengan JKN-KIS

News - Rahajeng KH, CNBC Indonesia
28 April 2021 17:53
BPJS Kesehatan

Jakarta, CNBC Indonesia - Hadirnya program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) telah memberikan manfaat yang begitu besar bagi peserta. BPJS Kesehatan sebagai penyelenggara pun terus berinovasi untuk meningkatkan pelayanan baik dari segi kepesertaan maupun pelayanan kesehatan terus dilakukan oleh BPJS Kesehatan.

Salah satu peserta yang merasakan manfaatnya, yakni Ida Widiawati (49), warga Dusun Toga Desa Sukajaya, Kecamatan Sumedang Selatan, Jawa Barat. Ida menceritakan pengalamannya dan keluarganya ketika membutuhkan pelayanan kesehatan, selalu mengandalkan kartu JKN-KIS yang dimiliki.

"Alhamdulillah sejak anak-anaknya awal mulai sakit, semua biaya dijamin JKN KIS. Tidak terhitung lagi berapa kali anak perawatan keluar masuk rumah sakit," ujar Ida belum lama ini.


Saat ini, Ida dan kedua anaknya terdaftar sebagai peserta JKN KIS segmen Pekerja Penerima Upah (PPU) bersama suaminya yang bekerja di perusahaan swasta. Apalagi kedua anak Ida, Amalia Handayani dan Hendri Kurniawan mengalami penyakit bawaan Thelesemia yang memerlukan kontrol dan perawatan jangka panjang.

Dia mengaku tidak akan sanggup membiayai biaya pelayanan kesehatan adik kaka ini jika tidak memanfaatkan JKN-KIS. Menurutnya, selama menggunakan KIS untuk berobat, pelayanan yang diterima juga sangat baik. Mulai dari pelayanan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FTKP) maupun saat pelayanan di rumah sakit, tidak ada pembedaan dengan pasien umum.

"Ada informasi yang menyebutkan bahwa berobat menggunakan kartu JKN-KIS tidak dilayani dengan baik. Saya pastikan hal itu tidak benar karena saya merasakan sendiri pelayanan yang diberikan melebihi ekspektasi saya. Petugas responsif, ramah dan tidak ada biaya tambahan, itu yang saya rasakan," kata Ida.

Bukan hanya anaknya saja yang merasakan manisnya pelayanan menggunakan JKN-KIS, anak dan dirinya pun pernah merasakannya. Kedua anaknya secara bergantian masuk rumah sakit lantaran penyakit Thelesemia, secara rutin sebulan dua kali.

Dia pun mengharapkan Program JKN-KIS dapat terus membawa manfaat yang lebih baik lagi bagi masyarakat yang membutuhkan, dan masyarakat dapat memanfaatkan kemudahan yang telah dikembangkan oleh BPJS Kesehatan dalam mengakses layanan Program JKN-KIS.


"Tidak terbantahkan lagi apabila kartu KIS merupakan penolong keluarga saya ketika membutuhkan pelayanan kesehatan," ujar Ida.


[Gambas:Video CNBC]

(rah/rah)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading