Soal Reshuffle Kabinet Cuma Jokowi dan Tuhan yang Tahu

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
27 April 2021 09:50
Presiden Joko Widodo (Jokowi) (Biro Pers Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Isu perombakan kabinet (reshuffle) semakin bergerak liar, sebagai konsekuensi dari peleburan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan Kementerian Riset dan Teknologi serta pembentukan Kementerian Investasi.

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden Ali Mochtar Ngabalin beberapa waktu lalu mengungkapkan reshuffle hanya tinggal menunggu waktu. Ngabalin mengklaim tahu betul karakter kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam hal ini.

"Saya selalu bilang tidak lama karena karakter leadership bapak Joko Widodo dalam menanggapi yang begini tidak lama. Selalu cepat, dan Alhamdulillah tepat," kata Ngabalin saat dihubungi, dikutip Selasa (27/4/2021).


Ngabalin kembali mengklaim akan ada menteri baru yang dilantik Jokowi, meskipun tidak menjelaskan secara rinci terkait hal ini. Menteri baru yang dimaksud akan menduduki posisi Menteri Dikbudristek dan Menteri Investasi.

"Ada menteri yang dilantik yakni pendidikan dan kebudayaan dan teknologi, begitu juga ada menteri baru yang dilantik namanya menteri investasi, mungkin juga kepala badan riset nasional," katanya.

Namun, satu hal yang pasti hanya Jokowi yang betul-betul mengetahui kinerja para pembantunya. Reshuffle bisa saja dilakukan, tapi tetap melalui berbagai pertimbangan yang matang.

"Dalam bahasa rakyat, hanya Presiden Jokowi dan Tuhan Yang Maha Esa yang tahu kapan, siapa yang akan menduduki jabatan menteri, setidaknya di dua kementerian baru tersebut," kata Juru Bicara Fadjroel Rachman saaf dikonfirmasi.

"Atau dalam bahasa legal, reshuffle adalah hak prerogatif presiden," sebutnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ini Hasto Wardoyo & BGS, Disebut Gantikan Menkes Terawan


(mij/mij)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading