Vaksin Covid-19 Mau Datang Lagi, Bisa Bikin RI Lulus Resesi?

News - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
26 April 2021 13:10
Petugas menyuntikkan vaksin Covid-19 kepada penerima vaksin di Senayan City, Jakarta, Rabu (7/4/2021). Senayan City memfasilitasi vaksinasi dosis pertama bagi lansia dan tenaga pengajar yang ditargetkan untuk 500 orang per hari dari tanggal 7-10 April 2021.  (CNBC Indonesia/ Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Hari ini, rencananya Indonesia akan kedatangan vaksin anti-virus corona (Coronavirus Disease-2019/Covid-19) tahap ke-9. Momentum ini patut disyukuri karena laju vaksinasi Indonesia semakin melambat karena keterbatasan pasokan.

Our World in Data mencatat, jumlah vaksin yang sudah disuntikkan ke lengan rakyat Indonesia per 23 April 2021 adalah 18,32 juta dosis. Indonesia berada di peringkat sembilan dunia dalam hal kecepatan vaksinasi.


Meski begitu, ada hal yang patut dicemaskan yaitu laju vaksinasi terus melambat. Setelah mencapai puncak pada 11 April 2021, laju vaksinasi mengalami tren penurunan.

Per 23 April 2021, rata-rata tujuh harian vaksinasi di Indonesia adalah 246.720 dosis/hari. Jauh dari target yang dicanangkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yakni 1 juta dosis/hari.

Akhir pekan lalu, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan bahwa persediaan vaksin anti-virus corona di dalam negeri semakin menipis. Jumlah vaksin yang dibeli langsung melalui Bio Farma sekitar 26,2 juta dosis dan sekitar 18 juta dosis sudah disuntikkan. Artinya, tinggal tersisa sekira 8 juta dosis.

"Kalau ada 8 juta stok, maka itu bisa untuk 20 hari suntik. Agak mepet," ujarnya.

Budi menambahkan, Indonesia membutuhkan 426 juta dosis vaksin untuk membentuk kekebalan kolektif (herd immunity). Namun saat ini yang sudah terkonfirmasi baru 225 juta.

Oleh karena itu, Budi menyatakan laju vaksinasi memang harus disesuaikan mengikuti pasokan yang terbatas. "Mohon maaf, agak kita atur sehingga kenaikan tidak secepat sebelumnya karena vaksin yang berkurang supply-nya," ungkapnya.

Halaman Selanjutnya --> Vaksin Menyelamatkan Nyawa dan Ekonomi

Vaksin Menyelamatkan Nyawa dan Ekonomi
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading