Duh, 1 Orang Tewas Karena Kecelakaan di Tambang Amman Mineral

News - Anisatul Umah, CNBC Indonesia
24 April 2021 13:40
Tambang Batu Hijau, Sumbawa/Dok Amman Mineral, Detik

Jakarta, CNBC Indonesia - Seorang karyawan PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT),  unit usaha PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) sektor pertambangan, meninggal dunia akibat kecelakaan kerja di tambang Batu Hijau, Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat. Kejadian ini pun dibenarkan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Lana Saria, Direktur Teknik dan Lingkungan, Direktorat Jenderal Mineral dan Batu Bara Kementerian ESDM, mengatakan saat ini pihaknya sedang melakukan proses investigasi.

"Betul kejadiannya, saat ini sedang kami lakukan proses investigasi," ungkapnya kepada CNBC Indonesia, Sabtu (24/04/2021).


Kecelakaan kerja ini terjadi kemarin, Jumat (23/04/2021) pada pukul 14.56 WITA waktu setempat. Korban berjenis kelamin pria dan berusia 31 tahun.

Berdasarkan informasi yang diterima, korban sudah bekerja sebagai operator haul truck untuk AMNT selama sekitar dua tahun.

"Korban adalah karyawan PT MacMahon Indonesia, merupakan aliansi PT AMNT.
Lokasi kecelakaan di Tambang Batu Hijau," tulis laporan awal kecelakaan tambang.

Adapun kronologi kejadian yakni pada pukul 14.56 HT 82 tanpa muatan menuju loading point shovel #6 melalui jalur Selatan dari elevasi 540 mRL. Kanloka menuju SHOVEL#6 di elevasi 60 mRL untuk mengambil muatan.

Pada saat dalam perjalanan di ramp selatan elevasi 105 mRL, HT 82 bergerak ke arah kiri jalur, menabrak tanggul dan melewati tanggul hingga terjatuh di elevasi 60 mRL (3 bench atau 45 meter).

Upaya evakuasi korban dilakukan sejak 15.05 WITA oleh team ERT dan setelah dievakuasi, korban dinyatakan meninggal oleh dokter perusahaan di lokasi kejadian pada pukul 15.47 WITA.

Lana pun mengatakan, operasional tambang dihentikan sementara sejak saat terjadinya kecelakaan untuk kepentingan investigasi.

"Sementara (dihentikan). Untuk kepentingan investigasi," ujarnya saat ditanya apakah operasional tambang dihentikan akibat kecelakaan ini.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Punya 3 Komoditas Tambang Primadona, Ini Dampaknya ke RI


(wia)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading