Sisa Vaksin Cuma Buat 20 Hari, Menkes: Agak Mepet!

News - Rahajeng Kusumo Hastuti, CNBC Indonesia
23 April 2021 14:07
Vaksinasi seniman dan budayawan. (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia- Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyatakan bahwa stok vaksin Covid-19 di Indonesia tersisa untuk 20 hari penyuntikan.

"Kalau ada 8 juta stok maka itu bisa untuk 20 hari suntik. Agak mepet, karena siklus produksi Bio Farma setiap terima bahan baku setiap 1 bulan," ujarnya dalam konferensi pers, Jumat (23/4/2021).

Dia menjelaskan bahwa vaksin yang dibeli langsug lewat Bio Farma mencapai 26,2 juta dan sekitar 18 juta sudah sudah disuntikan, sehingga tersisa ini 8 jutaan dosis. "Dari 8 juta dosis ini sekitar 3 juta produksi baru dari Bio Farma dan akan kirim ke daerah," ujarnya.


Lebih lanjut dia menjelaskan total vaksin yang dibutuhkan Indonesia mencapai 426 juta dosis dan 225 juta telah terkonfirmasi dan tinggal nunggu jadwal pengiriman.

"Kami juga masih menunggu vaksin gratis dari GAVI," ujarnya.

Meski stock vaksin terbatas, pada akhir April, Indonesia akan kedatangan kembali vaksin Sinovac. Pasokan ini menyusul yang sudah datang akhir Minggu lalu sebanyak 6 juta dosis.

"Yang kita ketahui hari Minggu sudah datang 6 juta mungkin akan menerima lagi 10-7 juta dosis di akhir April, kata Jubir Vaksinasi Covid-19 Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi dalam Profit CNBC Indonesia, Kamis (22/4/2021).

Pengiriman ini merupakan bagian dari komitmen untuk penyediaan vaksin Sinovac sebanyak 140 juta dosis. Kedatangan vaksin akan dilakukan bertahap hingga akhir September 2021 mendatang.

Siti Nadia menjelaskan pasokan Sinovac diperkirakan akan datang dua kali tiap bulannya.

"Dan setiap bulannya kita akan menerima dua kali pengiriman, bisa di awal atau di akhir bulan. Tentunya dengan komitmen ini diharapkan di akhir April ada pengiriman vaksin Sinovac," jelasnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Pernyataan Lengkap Jokowi Sambut 1,2 Juta Vaksin Sinovac


(dob/dob)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading