Sebelum Bayar, Ini Cara Cek Data Iuran BPJS Kesehatan

News - Rahajeng Kusumo Hastuti, CNBC Indonesia
22 April 2021 03:00
bpjs kesehatan

Jakarta, CNBC Indonesia- Layanan kesehatan melalui BPJS Kesehatan kian banyak digunakan oleh masyarakat karena iuran yang lebih terjangkau. Peserta pun bisa cek iuran BPJS Kesehatan sebelum melakukan pembayaran melalui berbagai cara dan menghindari tunggakan.

Peserta bisa menggunakan cara ini untuk mengecek iuran BPJS Kesehatan, melalui website, aplikasi, dan sms.

Bila peserta cek melalui Website, bisa langsung mengakses situs https://bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/. Kemudian pilih menu 'Cek Iuran BPJS Kesehatan' yang terletak di sebelah kanan sidebar homepage.
Setelah itu, masukkan 13 digit nomor kartu, tanggal lahir, dan angka validasi yang tertera pada gambar di situs tersebut.


Peserta nanti akan dipandu secara berurutan ketika mengakses situs tersebut. Kemudian klik tombol cek dan data akan tampil di layar.

Peserta juga bisa cek iuran BPJS Kesehatan melalui aplikasi Mobile JKN yang tersedia di Android dan IOS. Pastikan Peserta sudah mengunduh aplikasi Mobile JKN di Play Store maupun AppStore. Kemudian login ke akun Mobile JKN dengan mengisi isian form yang diminta. Setelah bisa masuk ke akun BPJS, maka klik menu 'Tagihan' kemudian untuk melihat rincian tagihan bisa langsung klik 'premi'.

Dengan cara ini peserta bisa mengetahui berapa iuran BPJS yang harus dibayarkan, apakah sudah sesuai atau belum.

Kemudian peserta bisa juga cek iuran BPJS Kesehatan melalui SMS. Peserta BPJS Kesehatan cukup ketik pesan dengan format Tagihan Nomor Kartu BPJS Kesehatan lalu kirim ke nomor 087775500400.

Caranya bisa ketik TAGIHAN (spasi) Nomor Kartu BPJS Kesehatan, lalu kirim ke 087775500400 (Contoh: TAGIHAN 0001260945809).


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading